Sumber Vitamin C yang Baik Bukan Hanya Buah Jeruk

- |
Apa Sumber Vitamin C yang Baik Selain Dari Buah Jeruk ? Adakah Sumber Vitamin C yang Baik Selain Buah Jeruk ? Yang terperinci ada. Selama ini kita hanya berpikir bahwa sumber vitamin C hanya jeruk , jeruk dan jeruk. Padahal masih banyak loh sumber vitamin C yang mampu kita dapatkan dari selain buah jeruk.

Sebagaimana kita tahu bahwa , tubuh memerlukan vitamin C yang cukup. Hal ini berkhasiat dan bermanfaat untuk meningkatan sistem imun tubuh. vitamin C yang cukup dapat kita peroleh dari banyak sekali sumber makanan yang alami. Ingat yang alami ya. Buat apa beli vitamin C di pasaran kalau masih banyak sumber vitamin C alami yang relatif lebih aman dan berdampak baik bagi kesehatan.

Memang , salah satu sumber vitamin C ialah buah jeruk. Jeruk diketahui ialah sebagai sumber vitamin yang paling baik. Menurut jago kesehata , terdapat kandungan vitamin C 82 ,7 gram di dalam satu buah jeruk. Buah jeruk memang menjadi sumber yang paling baik untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin C.

Manfaat dan Fungsi vitamin C untuk badan tentu anda sudah tahu. Vitamin C mampu menjadi zat antioksidan untuk badan dan bermanfaat untuk memperbaiki jaringan tubuh. National Institute of Health sangat menyarankan , bahwa kebutuhan vitamin C untuk pria cukup umur yang berusia 19 tahun ke atas sebanyak 90 mg/hari , sedangkan untuk wanita cukup umur memerlukan vitamin tersebut sebanyak 75mg/hari.

Sebagian orang beranggapan bahwa vitamin C hanya bersumber dari buah jeruk. Sebenarnya tidak demikian. Memang manfaat buah jeruk menyerupai jeruk nipis sangat besar dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Tapi tidak hanya buah jeruk yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Sangat banyak jenis buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi. Di bawah ini saya akan jelaskan pada anda beberapa jenis buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C :

1. Brokoli

Tahu kan Brokoli ? Dalam tiap 148 gr brokoli terdapat kandungan vitamin C sebesar 132 mg

2. Kubis

Jika anda suka sayuran dalam setiap makanan yang anda santap pasti tidak akan meninggalkan menu kubis. Terdapat vitamin C sebesar 160 ,8 mg di dalam 2 cangkir kubis. Bahkan kubis juga memiliki kandungan serat , fitronutrien dan vitamin A , C , K yang cukup tinggi.

3. Pepaya
Manfaat buah pepaya tidak mampu dipungkiri lagi. Terutama kandungan vitamin C di dalamnya. Di dalam buah pepaya dengan ukuran 157 gram ( Cukup kecil khan ) memiliki kandungan vitamin C sekitar 95 ,6 mg. Lalu dalam satu cangkir pepaya yang telah dihaluskan terdapat kandungan vitamin C sekitar 140 mg. Jangan lupa bahwa buah pepaya juga merupakan sumber kandungan vitamin yang tinggi , banyak serat dan folat. Manfaat buah pepaya untuk kesehatan mampu anda baca pada artikel sebelumnya di sini. Silahkan dicari-cari lagi ya di bab kategori pada blog ini.

4. Paprika merah

Terdapat kandungan vitamin C sebesar 190 ,3 mg dalam Paprika merah yang diiris dalam satu cangkir. Lalu paprika hijau memiliki kandungan vitamin C sebesar 119 ,8 mg.

5. Stroberi

Buah yang satu ini cukup menarik dan memikat untuk dicicipi. Tapi jujur saya akui , saya pernah makan stroberi rasanya kecut banget. Jangan lupa dalam buah stroberi dengan berat 147 gram mengandung vitamin C sebanyak 86 ,5 mg. Banyak khan ?

6. Kembang kol

Yang ini lagi sumber vitamin C banget. Kembang Kol. Terdapat kandungan vitamin C sebanyak 127 ,7 mg. dalam kembang kol ukuran kecil dengan garis tengah atau diameter 4 inchi.

7. Kiwi

Makanlah buah kiwi karena ia juga kaya akan vitamin C. Lihat saja. Dalam satu porsi buah kiwi terdapat kandungan vitamin C sekitar 137 ,2mg.

8. Blewah

Pasti anda tahu Blewah khan? Sangat nikmat tuh kalau dimakan ketika buka puasa. Owwww segernya. Blewah memiliki kesamaan dengan ubi jalar , vitamin C yang terkandung di dalamnya tidak sebanyak jeruk. Akan tetapi terdapat kandungan vitamin C sebanyak 49 ,2 mg di dalam satu porsi blewah.

9. Ubi jalar

Pernah makan Ubi Jalar ? Tidak apa-apa kok. Malah sehat dan bervitamin terutama vitamin C. Vitamin C yang terkandung dalam ubi jalar berbeda dengan kandungan vitamin C yang ada pada jeruk. Tetapi , ubi jalar dapat menjadi alternatif lain alasannya ialah satu ubi jalar ukuran besar mempunyai kandungan vitamin C sebanyak 35 ,3 mg. Kaprikornus nggak apa-apa anda doyan makan ubi jalar. Saya juga suka. He he he

10. Mini kol atau brussels sprouts


Ini lagi sumber vitamin C yang harus anda tahu. Yaitu Mini kol atau brussels sprouts. Di dalam Brussel Spourts terdapat Kandungan vitamin C  sebanyak 48 ,4 mg. Di samping itu sayuran ini juga memiliki kandungan vitamin A , magnesium , serat dan zat besi.

Wooow , ternyata sumber vitamin C sangat banyak dan mampu kita temukan dengan mudah. Nggak percaya ? Pergi saja ke pasar besok. Pasti anda akan menemukan buah stroberi , pepaya , kubis , brokoli dll. Anda mampu beli semuanya. Tapi ingat ! Jangan karena ingin memperbanyak asupan vitamin C di dalam badan anda , lantas semuanya dimakan. Malah berakibat tidak sehat. jangan lupa makan seimbang ya nggak. Semoga artikel di atas akan bermanfaat untuk anda. Salam sehat.
Tag : Cara Sehat
0 Komentar untuk "Sumber Vitamin C yang Baik Bukan Hanya Buah Jeruk"

Back To Top