Membangun ikatan dengan bayi



Bagi Anda yang telah menjadi seorang ibu, memiliki seorang bayi mampu menjadi kebahagiaan dan anugerah terbesar dalam hidup atau seorang ibu yang ingin punya anak. Dan Anda pasti ingin memonitor bayi Anda semenjak masih dalam kandungan, kelahirannya sampai tumbuh kembangnya. Melihat dan merawat bayi Anda menjadi hal yang sangat menyenangkan walaupun merepotkan. Menjalin ikatan dengan bayi Anda menjadi hal penting yang ingin seorang ibu lakukan.

Menjalin ikatan dengan bayi Anda dapat dilakukan semenjak bayi masih dalam kandungan. Anda dan suami mampu membelai perut dan mengajaknya berbicara. Terkadang bayi akan merespon dengan melaksanakan tendangan pada perut Anda, itu lah awal ikatan terbentuk. Kemudian ketika bayi lahir ke dunia, bayi menangis sebagai bentuk komunikasinya pada Anda. Berilah perhatian sehingga beliau berhenti menangis merupakan cara untuk menjalin ikatan dengan bayi Anda.

Menyusui juga merupakan hal yang sangat penting dalam menjalin ikatan dengan bayi anda. Dengan menyusui bayi, berarti Anda memenuhi kebutuhan utamanya yakni makanan. Hal ini akan membuat bayi merasa nyaman, selain tentunya dekapannya di dada Anda mampu memperkuat ikatan emosional. Ini menjadi hal terdasar sebagai cara menyayangi bayi dan merawat bayi Anda.

Selain menyusui, cara menyayangi bayi antara lain dengan sering menunjukkan belaian dan sentuhan, sering menciumnya, mengajaknya mengobrol sambil menatap matanya, melucu dan tertawa semoga bayi juga senang dan tertawa dan sebagainya. Mendengarkan musik untuk sang bayi ataupun melaksanakan permainan bayi di komputer juga mampu sebagai sarana untuk menjalin ikatan dengan bayi Anda sekaligus menstimulus perkembangan otaknya.

Merawat bayi memang membutuhkan kesabaran. Namun itu telah menjadi suatu kodrat dan peran mulia yang mampu dijalankan dengan gembira bagi seorang ibu. Sangat membanggakan dan menyenangkan ketika Anda mampu memiliki bayi. Pada dasarnya, perhatian, kasih sayang dan cinta yang Anda berikan pasti akan membentuk dan menjalin ikatan dengan bayi Anda. Semakin lama maka akan semakin besar terjalin ikatan emosional tersebut. Satu hal yang harus diperhatikan yaitu Anda harus mencar ilmu memahami kebutuhan bayi Anda melalui tangisan dan gerakannya dan segera memenuhinya. Bagaimanapun, bayi yaitu makhluk yang sangat tergantung pada Anda sebagai orang tuanya.
           
                                                            
Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Membangun ikatan dengan bayi"

Back To Top