Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh


Tanaman Herbal yang satu ini sudah terkenal kaya akan nutrisi yang sangat diharapkan oleh badan dan sudah terbukti khasiatnya dari dulu serta masyarakat mesir kuno telah menggunakan minyak kelor untuk mengobati aneka macam penyakit.

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Fuglie LJ pada tahun 1999 dalam bukunya mengatakan kalau daun kelor memiliki aneka macam nutrisi menyerupai Vitamin A, Vitamin C, Citamin B, Mineral Kalsium, Zat Beli, Kalium Dan Protein yang mudah dicerna oleh tubuh, Selain itu daun kelor juga memiliki lebih dari 40 antioksidan.


Manfaat Daun Kelor

1. Mengobati Liver
Penyakit Liver merupakan gangguan yang terjadi pada fungsi hati yang sudah sangat parah. Penyakit ini juga dapat menyebabkan seseorang meninggal dunia kalau tidak segera diatasi. Penyakit Liver sendiri diakibatkan oleh mengkonsumisi obat-obatan serta alkohol secara berlebihan dan akan merusak fungsi hati. Liver juga diakibatkan oleh terlalu memaksa kinerja hati sehingga hati tidak bisa mengatasinya dan alhasil menyebabkan penyakit liver.

Daun kelor memiliki kemampuan untuk mengatasi kerusakan yang terjadi pada hati, menyerupai hepatitis dan sirosis. Karena dalam kelor terdapat senyawa silymarin dan senyawa yang berfungsi untuk melindungi badan dari nanah penyakit. Daun kelor juga dipercaya memiliki kandungan aktif yang bisa merangsang pembentukan sel hati yang baru, serta bisa mengantikan sel hati yang telah rusak, Kaprikornus untuk mengatasi persoalan penyakit liver perbanyaklah mengkonsumsi daun kelor.

2. Mengobati Rematik
Rematik merupakan penyakit yang diakbaitkan oleh timbulanya rasa sakit yang diakibatkan oleh otot atau persendian yang sedang mengalami peradangan dan pembekakan. Rematik sendiri terjdiri dari beberapa jenis dan bisa menyerang persendian mana saja yang ad pada tubuh.

Daun kelor juga mengandung senyawa kolkisin yang berfungsi untuk menurunkan rasa nyeri pada otot atau persendian yang diakbatkan oleh rematik. Efek yang ditimbulakn oleh kolkisi ini sangat cepat 2 jam setelah rasa sakit datang. Jika mengalami rematik lebih baik mengkonsumis daun kelor daripada mengkonsumsi obat obatan yang mengandung materi kima yang memiliki efek samping berbahaya.

3. Memproduksi ASI
Daun kelor sangat penting untuk ibu yang gres melahirkan dan masih menyusui karena daun kelor memiliki kandungan senyawa Galactagogues yang berfungsi untuk merangsang hormon prolaktin pada ibu yang gres melahirkan. Hormon tersebut merupakan hormon yang berperan penting dalam memproduksi ASI dalam badan ibu menyusui. Agar khasiatnya lebih efektif, usahakan mengkonsumisi daun kelor pada ketika 3 hari setelah melahirkan semoga bisa mempercepat reproduksi ASI.

4. Mengobati Batu Ginjal
Batu Ginjal atau yang memiliki nama lain gallstone merupakan akumulasi padat yang terbentuk di dalam sistem tuba ginjal. Batu ginjal bisa menyebabkan persoalan menyerupai menghalangi pemikiran urin melalui ginjal, Batu ginjal ini bergerak melalui ureter serta kalau tidak segera di atasi bisa menyebabkan nyeri yang sagat parah pada ginjal. penyakit ini kalau dibiarkan akan menyebabkan kerusakan ginjal yang biasanya dikenal dengan sebutan gagal ginjal. Untuk menghindari kerusakan ginjal, perbanyaklah mengkonsumsi daun kelor Karena dalam daun kelor terdapat kandungan alkalid moringan, moringinan dan petersigsperimin yang baik untuk mencegah terjadinya kerikil ginjal.

5. Mencegah Penuaan Kulit
Salah satu manfaat daun kelor yaitu bisa mencegah penuaan pada kulit, karena daun kelor mengadung sitokinin yang merupakan salah satu hormon alami yang akan merangsang pembelahan pada badan dan pertumuhan sel baru.

Beberapa penelitian menyampaikan bahwa hormon sitokinin akan bisa mencegah penuaan atau berfunsi sebagai zat anti aging dalam tubuh. Hormon ini akan bekerja dengan cara menghipnotis sirkulasi pergantian sel pada kulit dan akan mempercepat pertumbuhan sel gres menggantikan sel yang sudah mati yang biasanya terjadi selama 300 hari.

Hal itulah yang membuat daun kelor bisa mencegah penuaan kulit mulai dari kulit wajah hingga kulit tangan. Kandungan vitamin C yang terdapat pada daun kelor akan merangsang produksi kolagen yang akan menjaga kekencangan kulit.

6. Mencegah Anemia
Anemia atau yang sering dikenal dengan penyakit kurang darah merupakan suatu kondisi dalam badan yang terjadi ketika sel darah merah (eritrosit) dan hemoglobin berada dalam kondisi kurang normal (kurang darah). Hemoglobin sendiri merupakan episode utama dari sel darah merah yang memiliki fungsi untuk mengikatkan oksigen. Saat seseorang kekurangan darah merah atau hemoglobin yang normal, maka sel yang ada dalam badan tidak akan menerima oksigen yang cukup akibatkanya munculnya gejala anemia.

Dikarenakan daun kelor memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi daipada materi alami yang lainnya seprti bayam, maka dari itu daun kelor sangat baik untuk mengatasi penyakit anemia pada seseorang.

7. Meringankan Penyakit Autoimun
Penyakit ini bisa terjadi dikarenakan sistem imun dalam badan menurun sehingga menjadikan seseorang mengalami gangguan yang menyerang jaringan tubuh, yang seharusnya sistem imun hanya akan menyerang organisme atau zat absurd yang berbahaya untuk tubuh. Atuoimun merupakan sistem kekebalan badan yang mengalami gangguan sehingga akan menyerang sel dalam tubuh. Senyawa Cystein yang terdapat pada daun kelor akan berfungsi untuk membantu detoksifikasi racun yang ada dalam tubuh. Racun inilah yang biasanya menyebabkan peradangan dalam badan dan merangsang respon sistem imun yang berlebihan sehingga akan berdampak pada sel dan jaringan badan yang lainnya.

7. Mencegah dan Mengobati Kanker
Kanker merupakan suatu penyakit yang biasanya ditandai oleh sirkulai sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk tidak terkendali. Serta bisa menyerang jaringan biologis yang ada didekatnya dan menyerang jaringan yang lain melalui sirkulasi darah. Daun Kelor memiliki senyawa insthiocyanate benzil yang berfungsi untuk mencegah pembentukan sel tumor dan kanker. Sudah banyak yang telah mengambarkan manfaat dari daun kelor untuk mencegah serta mengobati penyakit kanker.

Dengan mengkonsumsi daun kelor secara rutin kalian bisa mencegah penyakit kanker, dikarenakan daun kelor memiliki kandungan lebih dari 40 antioksian yang akan bisa melawan efek dari radikal bebas serta bisa mengobati mutasi dan kelainan pada sel.

8. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi yang memiliki nama lain hipertensi merupakan salah salah satu faktor yang menyebabkan serangan jantung dan stroke. Tekanan darah tinggi juga diakibatkan oleh penyempitan yang terjadi pada pembuluh arteri karena disebabkan oleh plak atau akumulasi kolesterl. Daun kelor juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi, karena daun kelor memiliki senyawa kalium yang berfungsi melebarkan pembuluh darah dan memperngaruhi hormon vasopresssin. Pada salah satu penelitian telah mengatakan bahwa kadar yang dimiliki oleh daun kelor lebih besar lima belas kali lipat kalau dibandingkan dengan kalium yang terdapat pada buah pisan. Selain itu daun kelor juga sangat kaya akan magnesium yang berfungsi untuk merangsang otot polos pada pembuluh darah.


Itulah beberapa manfaat penting dari daun kelor untuk kesehatan, jadi jangan anggap remeh manfaat daun kelor. Selain untuk penyembuhan bermacam macam penyakit daun kelor juga sangat enak untuk dijadikan lauk. Tapi sebelum mengkonsumsi daun kelor sebaiknya kalian periksa apakah kalian alergi pada salah satu tumbuhan obat yang satu ini atau tidak dengan cara mengkonsumsinya terlebih dahulu dalam jumlah yang sedikit.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh"

Back To Top