Kenali Beberapa Jenis Gangguan Pada Mata Dan Beberapa Penyebabnya

Mata merupakan salah satu indra yang sangat penting dan merupakan anugerah yang ilahi berikan kepada kita, untuk melihat dunia yang sangat indah, tanpa mata dunia akan terasa sangat gelap gulita. Mata termasuk salah satu panca indra yang bekerja secara terbuka, sehingga rentan terhadap gangguan mata.
Kenali Beberapa Jenis Gangguan Pada Mata Dan Beberapa Penyebabnya
Gangguan mata tersebut bisa bermacam-macam jenisnya, dari jenis gangguan mata yang ringan sampai gangguan mata yang berat atau yang membutuhkan penanganan medis lebih lanjut. tentu saja gangguan pada mata ini menjadikan mata kita sangat tidak nyaman, dan menjadikan kurang percaya diri dikala sedang mengalami gangguan pada mata tersebut.

Beberapa Jenis Gangguan Pada Mata Dan Beberapa Penyebabnya

Berikut ialah beberapa  jenis gangguan pada mata yang bisa kita jumpai, antara lain:
  1. Buta warna. Buta warna bisa terjadi dikarenakan terdapat dilema butiran sensor warna dalam sel syaraf tertentu dari mata. Gangguan mata buta warna bukanlah penyakit kebutaan cuma saja merupakan kekurangan ketika melihat dalam membedakan warna.
  2. Presbiopi. Presbiopi tergolong dalam gangguan mata menyerang ketika usia berkisar 40 tahun. Presbiopi yaitu gangguan pada mata yang tidak bisa melihat suatu objek benda berada pada jarak jauh maupun jarak dekat.
  3. Rabun senja. Gangguan mata rabun senja ini menyerang mata dikala dalam keadaan senja atau malam hari. Rabun senja ini bisa terjadi sebagai akhir dari rusaknya sel retina yang seharusnya bisa bekerja ketika melihat objek.
  4. Rabun dekat. Rabun bersahabat ialah gangguan mata berkebalikan dengan rabun jauh. Rabun bersahabat merupakan gangguan pada penglihatan yang dikarenakan oleh lensa terlalu pipih. Adapun bayangan yang ditayangkan berada di belakang retina sehingga menjadikan mata tak bisa melihat benda-benda berada ditempat dekat.
  5. Rabun jauh. Rabun jauh yaitu suatu kondisi mata dengan lensa cembung atau lingkaran mata terlalu panjang. Jenis gangguan mata ini bisa menjadikan mata tak bisa melihat jarak jauh. Penderita rabun jauh setidaknya menggunakan lensa cekung atau negativ, lensa cekung menempatkan bayangan sempurna di titik retina sehingga mata bisa melihat bayangan jauh.
  6. Katarak. Suatu kondisi mata mengalami kekeruhan terjadi pada lensa sebagai akhir hidarasi (penambahan cairan) lensa, denaturasi protein lensa. Pada mata katarak biasanya kekeruhan terjadi pada ke 2 mata dan berjalan secara progressif atau tidaak bisa mengalami perubahan dalam waktu lama. Pada umumnya katarak menyerang usia lanjut, namun tidak menutup kemungkinan sebelum usia lanjut juga bisa terkena katarak karena sebagai akhir dari penyulit penyakit mata lokal menahun.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Kenali Beberapa Jenis Gangguan Pada Mata Dan Beberapa Penyebabnya"

Back To Top