Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Sirsak atau yang memililki nama lain Annona Muricata merupakan salah satu tanaman herbal yang memiliki aneka macam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tanaman ini biasanya tumbuh di kawasan tropis. Aslinya tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tidak hanya memiliki buah yang enak namun daun sirsak juga aneka macam memiliki manfaat, karena kandungan yang terdapat pada daun sirsak antar lain menyerupai flovonoid, tannin, alcaloid, saponin, kalsium, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin B, Vitamin C, Fitosterol dan Kalsium oksalat.

Kandungan Senyawa Buah Sirsak

Sebelum kita membahas duduk perkara manfaat daun sirsak, kita akan membahas sedikit duduk perkara kandungan yang terdapat pada buahnya. Berikut kandungan senyawa yang terdapat pada buah sirsak.

1. Karbohidrat
Secangkir buah sirsak mengandung karbohidrat sekitar 38 gram,  yang akan menunjukkan energi utama untuk tubuh, Asupan karbohidrat yang terdapat pada buah sirsak yaitu 225-325 gram kalau kalian mengkonsumis buah sirsak setiap hari kalian bisa mengeluarkan 2.000 kalori setiap harinya. Selain itu, karbohidrat yang terdapat pada buah ini jauh lebih sehat kalau dibandingkan dengan karbohidrat yang terdapat pada soda atau kue.

2. Kalium
Buah sirsak merupakan buah yang sehat untuk di konsumsi karena dapat memicu meningkatnya asupan kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Kalium ini sangat penting untuk tubuh, karena bisa membantu pencernaan dan mengatur tinggat tekanan darah yang baik untuk tubuh.

3. Vitamin C
Buah sirsak sangat kaya akan vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, salah satu penelitian mengatakan bahwa perembuan diharuskan untuk memenuhi asupan 75 mg vitamin c setiap harinya. dan untuk pria sekitar 90 mg perharinya. Vitamin c berperan penting untuk memperkuat sistem imun dalam tubuh.

4. Air
Secangkir sirsak dapat mengahsilkan 183 gram air, Dengan mengkonsumsi buah sirsak setiap hari bisa membantu badan terhindar dari dehidrasi.

6. Fosfor dan Kalsium
Mineral yang sangat dibutuhkan untuk pembentukan tulang yaitu fosfor dan kalsium yang sama-sama memiliki 27 dan 14 mg per 100 gram buah sirsak, sehingga sangat berfungsi  penting untuk membentuk tulang yang besar lengan berkuasa dan bisa menghambat osteoporosis.

7. Lemak
Buah sirsak mengandung sedikti lemak yaitu 0,3 gram per 100 gram buah sirsak, Sehingga sangat baik untuk kesehatan. Rasa asam yang ada pada buah satu ini berasal dari asam organik non volatil, menyerupai asam malat, asam sitrat dan asam isositrat.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dari buah sirsak yang sangat baik untuk tubuh, sedangkan manfaat penting untuk badan dari daun sirsak ialah sebagai berikut.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

1. Meredakan Demam
Demam merupakan tanda bahwa dalam badan sedang mengalami masalah. Suhu badan yang naik berarti orang dalam badan sedang membunuh kuman atau virus yang biasanya menyebabkan peradangan. Walapun menyerupai itu, demam sangat mengganggu aktivtias seseorang dan harus segera ditangani semoga tidak menyebabkan duduk perkara yang lain. Daun sirsak mengandung senyawa aktif yang bisa menurunkan suhu badan serta mengatasi nanah yang terjadi pada tubuh. Saat kalian terserang demam konsumsilah air rebusan daun sirsak selama 10 menit dan minum dikala keadaan masih hangat untuk menurunkan deman lebih cepat.

2. Mengurangi Gejala Arthritis
Arthritis merupakan salah satu gangguan pada persendian yang disebabkan oleh peradangan dan merupakan salah satu gejala penyakit autoimun atau menurunnya sistem imun yang terjadi pada dalam tubuh, dimana sel darah putih (leukocyte) menyerang sel normal tubuh. Dikarenakan daun sirsask mengandung senyawa anti inflammatori  atau biasa dikenal dengan peradangan yang bisa mengurangi gejala arhritis. Untuk mengurangi gelaja Arthritis kalian sebaiknya mengkonsumsi air rebusan daun sirsak setiap hari untuk menerima hasil yang cepat serta manfaat lain daun sirsak ialah bisa mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada persendian.

3. Diabetes
Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolisme yang dimana badan sedang kehilangan kontrol akan kadar gula yang terjadi dalam darah. Kadar gula yang tinggi akan menyebabkan seseorang terkena diabetes serta bisa merusak sel/ jaringan yang ada pada badan dan bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia. Penyakit diabetes atau lebih dikenal dengan kecing manis disebabkan oleh beberapa faktor seperti, contoh hidup yang tidak sehat, dan kerusakan yang terjadi pada hormon insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang bekerja untuk mengatur kadar gula dalam darah semoga tetap normal, biasanya seseorang yang terkena diabetes akan membuat insulin tidak dapat bekerja dengan normal dan kehilangan kendali pada kadar gula dalam darah.

Daun sirsak mengandung senyawa yang baik untuk mengobati diabetes menyerupai senyawa metanolik, streptozotocin yang akan memicu sel beta langerhans dan pangkreas untuk menghasilkan insulin dan bisa meningkatkan sensitifias insulin terhadap gula darah yang terjadi dalam tubuh. Untuk mengobati diabetes menggunakan daun sirsak, kalian cukum mengkonsumi rebusan daun sirsak.

4.  Mengobati Sakit Maag
Penyakit maag biasanya terjadi pada orang remaja yang diakibatkan oleh contoh makan yang tidak baik atau biasanya terjadi oleh nanah pada jalan masuk cerna. Penyakit ini kalau tidak segera diatasi akan menyebabkan gangguan kesehatan yang serius.  Daun sirsak memiliki senyawa anti ulceritis atau anti peradangan yang bersifat menghambat produksi asam lambung, serta melindungi dinding lambung dari kuman yang menyebabkan nanah pada jalan masuk pencernaan. Cara mengobatinya sangat gampang dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun sirsak secara rutin hingga penyakit maag benar benar hilang.

5.  Menurunkan Kolesterol
Senyawa anti hiperlipidemia yang terdapat pada kandungan daun sirsak bisa menurunkan kadar lemak jahat atau biasa dikenal dengan kolesterol dan bahasa medisnya lebih dikenal dengan istilah Low Density Lipoprotein (LDL) serta bisa meningkatkan kadar lemak baik atau istilah medisnya dikenal dengan High Density Lipoprotein (HDL) yang terjadi dalam tubuh. Kolesterol Jahat bisa menembus dinding arteri dan bisa menyebabkan plak pada pembuluh darah (atherosclerosis). atherosclerosis dapat menyebabkan tekanan darah tinggi serta menyebabkan resiko penyakit jantung koroner. Agar terhindar dari kolesterol dan penyakit lainnya menyerupai penyakit jantung sering seringlah mengkonsumsi rebusan air daun sirsak


Yang Perlu Kalian Perhatikan Saat Mengkonsumsi Daun Sirsak

Namun jangan terlalu banyak mengkonsumsi daun sirsak karena dalam salah satu penelitian mengatakan bahwa daun sirsak juga dapat memicu atau merangsang pengeluaran urin atau air seni. Oleh alasannya itu dikhususkan untuk wanita hamil sebaiknya jangan mengkonsumsi rebusan air daun sirsak.

Selain itu juga mengkonsumsi ektrak daun sirsak atau rebusan air daun sirsak dalam jangka waktu yang lama juga bisa menyebabkan duduk perkara buruk pada kesehatan dikarenakan senyawa anti mikroba yang terdapat pada daun sirsak juga bisa membunuh kuman baik yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.


Terlalu banyak mengkonsumsi ektrak daun sirsak dengan materi bahan yang mengandung alkohol juga akan menyebabkan rasa kantuk dan bisa juga menghilangkan kesadaran (pingsan). Maka dari itu sebelum mengkonsumsi daun sirsak sebaiknya konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan"

Back To Top