Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Sebagai seorang wanita anda perlu menjaga organ reproduksi, alasannya alat reproduksi sangat bekerjasama dengan keturunan. Alat reproduksi wanita sangat rentan terhadap penyakit diantaranya keputihan, kista, hingga dengan kanker rahim, yang di mana beberapa penyakit tersebut tidak hanya berbahaya tetapi juga mampu menyebabkan kematian.
Untuk itu, anda perlu mengetahui tips menjaga organ reproduksi wanita supaya anda terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut.

Tips menjaga organ reproduksi wanita antara lain :

menjaga kesehatan vagina
  • Tips menjaga organ reproduksi wanita yang pertama selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan dengan cara membasuhnya setiap simpulan buang air kecil atau buang air besar. Cara membasuh yang benar yaitu dari arah depan ke belakang, ini supaya tidak ada kuman yang masuk dari arah belakang.

  • Tips menjaga organ reproduksi wanita selanjutnya yaitu ketika dalam masa menstruasi, disarankan anda selalu mengganti pembalut terutama dikala hari-hari mengeluarkan banyak darah. Ini untuk menghindari kuman dan kuman yang mampu bersarang di darah menstruasi.

  • Hindari terlalu sering mencukur bulu di organ kewanitaan alasannya akan menjadikan infeksi.

  • Jangan menggunakan sabun atau shower gel untuk membersihkan organ reproduksi wanita, alasannya akan menyebabkan iritasi kulit, gatal, dan kering.


  • Tips menjaga organ reproduksi wanita lainnya yaitu selalu membersihkan organ kewanitaan sebelum dan sesudah melaksanakan kekerabatan seksual, ini supaya alat reproduksi selalu bersih. Setelah itu, selalu buang air kecil setengah jam setelah anda melaksanakan kekerabatan seksual supaya anda terhindar dari penyakit jerawat kandung kemih. Disarankan juga pasangan melaksanakan hal yang sama.

  • Tips menjaga organ reproduksi wanita yang tidak kalah penting yaitu selalu mengganti celana dalam setiap hari, dan apabila anda mengalami keputihan usahakan memakai panty liner tetapi jangan hingga memakainya dalam jangka waktu yang lama. Penggunaan panty liner bermanfaat supaya keputihan tidak menempel di celana yang menjadikan kuman dan tentu saja membuat anda tidak nyaman.

  • Jangan memasukkan jari ke dalam organ kewanitaan dengan tujuan untuk membersihkan episode dalamnya. Karena ini akan menghilangkan kuman lactobacilli yang dimana kuman ini bermanfaat untuk alat kelamin anda.

  • Tips menjaga organ reproduksi wanita berikutnya ialah apabila anda mengalami keputihan yang parah yaitu apabila keputihan anda sudah berbau, berwarna kekuningan atau kehijauan, berdarah, dan menjadikan gatal sebaiknya anda segera berkonsultasi ke dokter untuk menerima penanganan secara medis.


  • Menjaga berat tubuh juga menjadi tips menjaga organ reproduksi wanita, alasannya berat tubuh besar lengan berkuasa pada system produksi hormone estrogen dan seluruh system reproduksi.

  • Melakukan pemeriksaan ginekologi secara rutin yaitu tips menjaga organ reproduksi  wanita yang penting. Agar alat reproduksi tetap normal dan untuk mengetahui apabila ada kelainan pada organ reproduksi wanita.


Demikian tips menjaga organ reproduksi wanita, semoga dengan gosip tersebut anda mampu memiliki organ reproduksi yang sehat dan jauh dari penyakit.

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita"

Back To Top