Awas! Ternyata ini Penyebab Keputihan menjadi Gatal

Keputihan merupakan salah satu penyakit yang umum diderita oleh seorang perempuan. Biasanya keputihan terjadi pada seorang wanita yang sudah cukup umur dan terjadi sebelum atau setelah masa menstruasi selesai, dan juga mampu dialami oleh perempuan yang sedang mengandung. Saat keputihan, seorang perempuan akan mengeluarkan lendir dari tempat kewanitaannya. Lendir yang diproduksi oleh kelenjar dalam vagina dan leher rahim akan keluar dan membawa sel-sel mati serta bakteri.

Keputihan sendiri kadang mampu mengakibatkan rasa gatal pada organ kewanitaan. Sebagai seorang perempuan alangkah baiknya anda mengetahui penyebab keputihan gatal, karena apabila keputihan gatal tidak ditangani secara serius maka akan mengakibatkan penyakit yang serius misalnya kemandulan dan kehamilan ektopik atau hamil di luar kandungan.

Penyebab keputihan menjadi gatal antara lain :

Kurang menjaga kebersihan
mengatasi keputihan
Penyebab keputihan gatal biasanya karena kurangnya menjaga kebersihan, terutama kebersihan organ kewanitaan. Perempuan yang kurang menjaga kebersihan akan lebih beresiko terkena keputihan. Sebaiknya, selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan setelah buang air kecil atau besar dengan cara membasuh organ kewanitaan dari depan ke belakang. Ini untuk menghindari kotoran dan basil masuk karena kebiasaan membasuh dari arah belakang ke depan. Jaga juga kebersihan air dan kamar mandi, karena air dan kamar mandi yang kotor akan menjadi sarang basil yang mampu menyebabkan keputihan.

Jamur atau bakteri
Jamur atau basil juga mampu menjadi penyebab keputihan gatal. Jamur yang mampu menyebabkan keputihan gatal ialah Candida Albicans, jamur ini sifatnya benalu dan mengakibatkan gatal di tempat kewanitaan. Sedangkan basil yang menjadi penyebab keputihan gatal ialah Gardnerella, keputihan yang disebabkan oleh basil ini apabila tidak segera ditangani akan mengakibatkan penyakit yang fatal.

Parasit atau virus
Penyebab keputihan gatal yang paling berbahaya ialah apabila disebabkan oleh virus atau parasit. Virus ini biasanya karena bawaan dari penyakit HIV, sifilis atau raja singa, serta kebiasaan bergonta- ganti pasangan.


Stress
ketika seorang perempuan mengalami stress, akan memicu beberapa perubahan hormon yang mampu menjadi penyebab keputihan gatal.

Ada juga beberapa cara mencegah keputihan dengan mudah, yaitu :

  • Selalu menjaga kebersihan organ kewanitaan
  • Jangan menggunakan bedak atau debu untuk membuat harum dan kering organ kewanitaan. Karena ini mampu mengakibatkan jamur yang menyebabkan keputihan.
  • Hindari menggunakan celana yang ketat, karena akan membuat sirkulasi udara didaerah kewanitaan menjadi terganggu. Pakailah celana yang berbahan katun dan memiliki pori-pori yang cukup.
  • Kurangi acara yang membuat capek dan mengeluarkan banyak keringat, setelah melaksanakan aktifitas usahakan selalu mandi dan membersihkan organ kewanitaan.
  • Jangan gunakan pantyliner dalam jangka waktu yang lama.
  • Selalu gunakan celana dalam yang kering dan tidak ketat.


Itulah beberapa penyebab keputihan gatal dan bagaimana cara untuk mengatasinya, semoga bermanfaat. Jangan lupa bagikan goresan pena ini, semoga semua orang disekitarmu tahu! 

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Awas! Ternyata ini Penyebab Keputihan menjadi Gatal"

Back To Top