Ternyata Ini Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Mentimun atau yang lebih sering kita sebut timun yakni buah yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Selain untuk kesehatan, buah ini juga sering digunakan untuk perawatan kulit. Selain mudah di temukan, buah ini juga sangat mudah di olah untuk di jadikan sebagai makanan atau obat tradisional. Nah, tahu ‘kah kau apa saja manfaat timun untuk kesehatan? Yuk simak beberapa manfaat timun:

Menurunkan Kolesterol

Manfaat timun yang pertama yakni menurunkan kolesterol. Timun memiliki beberapa senyawa penting yang memiliki kegunaan untuk menstabilkan kadar lemak dalam tubuh. Jadi, mengkonsumsi mentimun sangat disarankan untuk orang yang memiliki kolesterol yang tinggi.

Menghindari Dehidrasi

Mentimun juga mampu digunakan sebagai pengganti air. Timun mengandung 96 % air dan banyak vitamin. Makara konsumsi timun akan membantu kau terhindar dari dehidrasi. Tidak heran juga jika mentimun digunakan untuk campuran infused water.


Membersihkan Racun dalam tubuh

Timun juga berfungsi untuk membersihkan racun dalam tubuh. Cara kinerjanya sama menyerupai air, yaitu melarutkan racun-racun dalam tubuh dan membuangnya melalui air kencing dan air keringat. Timun juga membantu ginjal bekerja dengan baik.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin yang ada dalam timun juga berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh tetap maksimal dan menghindarkan kita dari banyak sekali penyakit. Menstabilkan suhu tubuh dan membantu kita terhindar dari demam.

Manfaat timun untuk kecantikanBaik untuk Kesehatan Kulit

Banyak kosmetik dan produk kecantikan dicampur dengan ekstrak timun. Timun mengandung silikon, magnesium dan kalium yang cukup dan berfungsi untuk meregenerasi kulit mati dan menjaga kulit tetap lembab.

Menurunkan Berat badan

Timun juga mampu digunakan untuk berdiet. Kandungan air dalam timun membantu kita tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Cara diet mentimun adalah dengan mengkonsumsi salad timun yang sudah dicampur dengan yogurt sebagai cemilan pengganti makan malam.


Menghindari Kanker

Konsumsi timun secara rutin juga mampu digunakan untuk menghindari kanker. Hal itu sudah dibuktikan oleh banyak penelitian yang dilakukan oleh ilmuan di luar negri.

Mengobati Gusi Bengkak

Timun mampu digunakan sebagai obat tradisional gusi bengkak. Sensasi hirau taacuh yang diberikan oleh timun akan membantu meredakan gusi yang bengkak. Caranya yakni dengan mencampur jus timun dengan sedikit madu, minum pagi dan malam hari untuk menerima hasil yang maksimal.

Baik untuk Kesehatan Rambut

Kandungan mineral dalam timun juga berfungsi untuk menjaga kesehatan rambut dan mencegah rambut rontok. Caranya yakni dengan mengoleskan parutan timun di kulit kepala sampai merata. Diam kan beberapa ketika lalu keramas sampai bersih. Lakukan minimal sekali dalam satu ahad maka rambut kau tidak akan pernah rontok lagi.


Melancarkan Pencernaan

Timun memiliki kandungan serat yang cukup. Makara konsumsi timun juga akan membantu melancarkan pencernaan kita.

menghilangkan mata pandaMenghilangkan Kantung Mata

timun segar juga mampu digunakan untuk menghilangkan mata panda. Caranya yakni dengan menempelkan irisan timun segar pada mata. Diamkan 5 sampai 10 menit lalu bersihkan. Lakukan rutin sebelum tidur, maka mata panda akan hilang.


Menurunkan Tekanan Darah

Timun juga mampu digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya yakni konsumsi beberapa potong timun setiap kali makan, maka tekanan darah akan berangsur normal. Ingat, hal ini hanya berlaku untuk orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

Mengobati Diabetes

Timun mampu digunakan untuk mengobati Diabetes karena memiliki kandungan yang membantu tubuh untuk memproduksi insulin biar mampu mengontrol kadar gula dalam darah.


Nah, banyak sekali manfaat timun untuk kesehatan bukan? Makara jangan ragu lagi untuk konsumsi timun untuk menerima hasil terbaik. Tidak ada salahnya kita mencoba cara-cara tradisional untuk mengobati banyak sekali penyakit. Jangan lupa bagikan informasi ini biar orang disekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Ternyata Ini Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan"

Back To Top