Ternyata Ini Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan

Manfaat dan Contoh Makanan Berserat - Makanan Berserat sangat penting untuk kesehatan kita. Karena, makanan berserat akan merangsang sekaligus menunjang kinerja usus untuk mengeluarkan kotoran yang menumpuk dalam tubuh. Kotoran tersebut jikalau tidak dikeluarkan, maka akan menjadi racun yang merusak organ tubuh kita.


Serat merupakan salah satu bab dari makanan yang tidak mudah tercerna. Sehingga serat tersebut akan menjadi kotoran yang akan dibuang oleh tubuh. Nah sekarang kita akan membahas ihwal manfaat makanan berserat dan contoh makanan berserat yang mampu anda konsumsi di rumah.

Manfaat Makanan Berserat


Menjaga kesehatan usus
Manfaat pertama dari makanan berserat ialah menjaga kesehatan usus. Mengkonsumsi makanan berserat setiap hari membantu usus tetap sehat dan terhindar dari kanker usus. Semua itu terjadi alasannya ialah tidak ada kotoran yang mengendap dalam waktu lama di dalam usus.

Menurunkan Berat Badan
Pencernaan yang lancar juga menjadi salah satu faktor biar berat tubuh tetap ideal. Ketika kita melaksanakan diet, racun-racun akan menumpuk dan harus dibuang, dan pembuangannya melalui keringat, BAB dan juga air kencing. Jika BAB lancar, maka pembakaran lemak juga ikut lancar, menerima tubuh ideal akan semakin mudah.



Menurunkan Kolesterol
Makanan berserat juga baik untuk menjaga kadar kolesterol tetap rendah. Sehingga anda terhindar dari penyakit berbahaya seberti diabetes dan jantung.

Contoh Makanan Berserat Yang Baik untuk Kesehatan


Oatmeal
contoh makanan berseratOatmeal merupakan salah satu makanan berserat yang baik untuk kesehatan. Selain berserat, oatmealjuga mengandung beta glucan yang berfungsi untuk menurunkan kolester dan meningkatkan sistem immune. Makanan ini juga berfungsi untuk menguatkan jantung, jadi sangat disarankan untuk orang yang sudah lanjut usia.

Kacang Merah
Selain rasanya yang enak, ternyata kacang merah mengandung banyak serat. Kandungan protein dan zat besi dalam kacang merah juga cukup tinggi, sehingga sering digunakan sebagai makanan oleh orang yang sedang membentuk tubuh.

Jagung
Jagung memiliki kandungan serat yang tinggi. Tetapi jagung terbaik ialah jagung kuning alasannya ialah seratnya lebih banyak. Proses mengolahnya juga mudah, mampu di bakar, di rebus atau dijadikan bergedel jagung. Enak, murah dan juga sehat.

Apel
Serat pada buah apel sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, serat buah apel mudah larut dalam air. Serat yang mudah larut ini berasal dari dagingnya, sedangkan kulitnya memiliki serat yang tidak mudah larut. Selain untuk usus, apel juga baik untuk gigi, alasannya ialah berfungsi untuk membersihkan kotoran pada gigi. Makara jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi apel beserta kulitnya.



Sayuran
Manfaat sayuran untuk tubuh tidak perlu diragukan lagi. Semua bab sayuran memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Makanya kita di biasakan makan sayur semenjak kecil oleh orang tua. Perlu diketahui kalau dalam seikat sayuran, mengandung 5 hingga 10 gr serat, protein dan lainnya.

Alpukat
Hampir semua bab dari alpukat mampu digunakan sebagai obat. Daun alpukat mampu digunakan sebagai obat menurunkan darah tinggi. Sedangkan buahnya juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik itu dari sisi kesehatan maupun kecantikan. Kandungan serat dalam alpukat 1 tingkat dibawah oatmeal, jadi selain menawarkan rasa kenyang lebih lama, buah ini juga baik untuk pencernaan.



Itulah beberapa manfaat makanan berserat dan juga contoh makanan berserat. Mengkonsumsi makanan berserat setiap hari  sebagai bentuk detoksifikasi tubuh, biar tubuh tetap sehat dan bugar. Sumber aneka macam macam penyakit ada di pencernaan yang kurang baik. Simak juga tips tips kesehatan dan tips kecantikan wanita lainnya. jangan lupa share goresan pena ini biar orang di sekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Ternyata Ini Manfaat Makanan Berserat Untuk Kesehatan"

Back To Top