Tips Menyentuh Wajah dengan Tangan

Sebenarnya menyentuh wajah dengan tangan merupakan hal yang kurang baik bagi kesehatan wajah kalau tangan kita tidak higienis. Secara tak sadar, kita pastinya sering menyentuhkan tangan pada wajah, entah untuk mengelus-elus dagu, menggaruk hidung, menyentuh pipi, menyandarkan pipi ke telapak tangan, atau sekadar mengenyahkan rambut yang sering menutupi muka. Sadarkah Anda ternyata kemungkinan besar itulah yang membuat wajah Anda berjerawat?
Tips Menyentuh Wajah dengan Tangan
Telapak tangan = sumber bakteri
Nyaris semua kegiatan kita sehari-hari dilakukan menggunakan tangan. Maka tidak heran apabila sebagian besar basil dan kuman yang kita temui setiap hari menempel di tangan kita.

Jerawat terbentuk ketika pori-pori tersumbat sel kulit mati, minyak, kosmetik, kemudian bercampur dengan bakteri. Bayangkan apa yang terjadi ketika kulit wajah kita sudah ditutupi oleh minyak dan debu setelah seharian kita beraktivitas, lalu tangan kita yang penuh dengan kuman menyentuh-nyentuh kulit. Tak heran apabila infeksi di wajah tidak kunjung berkurang.

Prilaku menyentuh wajah menggunakan tangan kebanyakan dilakukan dengan tidak sadar. Namun dengan pemahaman perihal bahayanya menyentuh wajah dengan tangan hendaknya membuat kita lebih cermat lagi dan menghindari prilaku itu. Berikut adalah beberapa Tips Menyentuh Wajah dengan Tangan yang aman supaya kita mampu terhindar dari penyakit kulit.

1. Pakai sarung tangan
Ini berlaku untuk Anda yang kerap tidak sengaja menyentuh wajah dikala tertidur di malam hari. Tentunya Anda harus memastikan sarung tangan Anda bersih dan selalu rutin dicuci. Mau trik oke? Oleskan lotion pelembap pada telapak tangan sebelum tidur dan tutupi dengan sarung tangan. Anda pun akan bangkit dengan tangan yang lembut dan juga halus.

2. Jangan memainkan rambut
Rambut mengandung minyak apabila menyentuh wajah (baik pribadi maupun melalui perantara tangan) mampu menambah penumpukan minyak pada kulit muka dan menimbulkan timbulnya jerawat.

3. Gunakan punggung tangan
Apabila Anda benar-benar harus menyentuh wajah, misalnya untuk mengenyahkan benda asing, gunakan punggung tangan jangan menggunakan telapak tangan. Punggung tangan tidak bebas kuman, tapi jumlahnya tidak sebanyak kuman yang ada pada telapak tangan.

4. Libatkan orang-orang terdekat
Beri tahu sahabat, adik, kakak, kekasih, mama, papa, dan rekan-rekan kerja mengenai efek buruk menyentuh wajah dengan tangan. Ingatkan mereka untuk menegur Anda dikala Anda melakukannya disaat lupa.

5. Pastikan tangan selalu bersih
Tidak salah apabila semenjak dulu ibunda selalu mengingatkan untuk mencuci tangan dengan sabun. Tak perlu sering, karena akan membuang basil baik dan membuat kulit tangan jadi kasar, namun setidaknya selalu mencuci tangan setiap habis melaksanakan kegiatan yang mentransfer banyak kuman. Ingat, setelah mencuci tangan bukan berarti kita bebas menyentuh wajah. Ini hanya untuk jaga-jaga, setidaknya apabila kita tidak sengaja menyentuh wajah, tangan sedang dalam keadaan “tidak terlalu kotor. Yang terpenting, pastikan tangan Anda dalam keadaan bersih dikala tiba waktunya mengoleskan pelembab, krim malam, masker, sunscreen, atau obat jerawat.

6. Sibukkan tangan Anda
Biasanya kebiasaan menyentuh-nyentuh infeksi dan mengelus-elus kulit wajah dilakukan sewaktu sedang iseng. Untuk mengalihkannya, beri kebiasaan lain bagi tangan, misalkan memainkan jemari tangan. memegang sebuah benda dengan dua tangan, Memasukkan tangan ke dalam saku, dan melipat tangan di depan dada juga mampu jadi “penahan” biar tangan tidak jalan-jalan.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Tips Menyentuh Wajah dengan Tangan"

Back To Top