Tips Cara Merawat Rambut Saat Hamil

Tips Cara Merawat Rambut Saat Hamil berikut dibutuhkan mampu memberi wawasan kepada wanita hamil untuk merawat dan menjaga rambutnya biar tetap sehat. Saat hamil, banyak sekali perubahan yang terjadi pada badan wanita. Saat sedang hamil si jabang bayi, ada beberapa perawatan rambut yang perlu diperhatikan supaya tak membahayakan calon bayi Anda.
Tips Cara Merawat Rambut Saat Hamil
Hormon sangat berperan besar saat seorang wanita hamil. terkadang perubahan hormon membuat perubahan-perubahan pada badan terjadi, termasuk kesehatan rambut. Begitu juga kehadiran di buah hati yang berada dalam kandungan.

Mengubah gaya rambut
Gejolak hormon yang terjadi dalam badan tak jarang mempengarui emosi wanita hamil. Seringkali timbul impian tuk mengubah model rambut secara ekstrem akan tetapi kemudian menyesalinya. Oleh karena itu, jangan melaksanakan perubahan besar pada penampilan secara spontan. Lakukan observasi dan survei kalau akan melaksanakan perubahan besar.

Apabila Anda merasa terganggu dengan rambut panjang, cobalah biasakan mengikat rambut Anda dengan rapi terlebih dahulu. Gaya rambut cepol, kepang atau ekor kuda dapat menjadi pilihan. Apabila tak dapat membantu, Anda mampu berkonsultasi dengan penata rambut perihal model rambut sesuai dengan kebutuhan. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan sehingga menyesal kemudian harinya.

Pengaruh hormon
Beruntunglah Anda para wanita hamil yang rambutnya semakin lebat dan indah. Pengaruh hormon memang terkadang malah membuat rambut makin subur. Tapi tak jarang hormon membuat perubahan merugikan untuk kesehatan rambut wanita hamil. Misalnya kulit kepala menjadi amat kering, atau sebaliknya menjadi amat berminyak. Untuk mengatasinya, tak perlu ragu mengganti shampo. Coba cermati perubahan yang terjadi pada kulit kepala, lalu temukan shampo yang sesuai kebutuhan. Konsultasikan dengan dokter atau tenaga kesehatan Anda apabila mengalami dilema rambut yang sangat menganggu.

Memilih produk perawatan rambut
Memang belum ada penelitian solid dan menunjukan bahwa produk perawatan rambut kuat pada perkembangan janin. Namun untuk amannya, selalu untuk melihat kandungan pada shampo pilihan Anda. Konsultasikan pada dokter atau tenaga kesehatan yang merawat Anda apabila Anda ragu.

Ada beberapa anggapan wanita hamil dilarang untuk mewarnai rambut. Anggapan ini muncul karena adanya zat kimia keras yang terdapat dalam zat pewarna, pengeriting, maupun pelurus rambut. Zat ini dikhawatirkan mampu terserap kulit dan membahayakan janin.

Belum ada penelitian yang benar-benar mampu menunjukan hal tersebut. Namun sebaiknya hindari perawatan-perawatan kecantikan yang hamil zat kimia berbahaya kalau tak perlu.

American Pregnancy Association mengatakan zat kimia yang digunakan banyak sekali produk rambut berbeda-beda sehingga sulit ditarik kesimpulan sama. Sedangkan menurut American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) jumlah kimia terserap kulit saat mengecat rambut sangat sedikit. Akan tetapi apabila wanita hamil ingin melakukannya sebaiknya pilih waktu setelah masa rentan trimester pertama kehamilan.

Beberapa tips lainnya dari American Pregnancy Association yakni lakukanlah pewarnaan rambut pada kawasan dengan ventilasi baik sehingga tak terlalu banyak menghirup materi kimia yang berisiko. Lakukan semua sesuai petunjuk dalam kemasan dan tak membiarkan cat rambut mengendap terlalu lama dari yang disarankan.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Tips Cara Merawat Rambut Saat Hamil"

Back To Top