Risiko Penyakit akhir S*ks Bebas Saat Remaja

Bahaya S*ks Bebas Saat Remaja
Pengetahuan mengenai Kesehatan Reaproduksi tentu perlu diketahui semenjak dini. Pengetahuan yang tidak sempurna mengenai kesehatan reproduksi dan kesulitan beradaptasi di masa sampaumur akan membuat sampaumur rentan melaksanakan s*ks pranikah. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi diri sendiri maupun orang tua. Adapun perilaku tersebut beresiko, mulai dari duduk perkara fisik sampai mental.

Ferdhy Suryadi Suwandinata selaku Dokter seorang hebat obstetri dan ginekologi dari RS Siloam Kebon Jeruk Jakarta, menjelaskan, s*ks bebas mengundang risiko jerawat menular s*ksual, menyerupai HIV (human immunodeficiency virus) dan HPV (human papilloma virus). HPV mampu menimbulkan kutil kelamin sampai kanker. Resiko ini akan jauh lebih besar, terutama apabila anda sering bergonta-ganti pasangan.

Risiko s*ks bebas pada sampaumur akan berlanjut apabila terjadi kehamilan yang tidak diinginkan. Hal ini dikarenakan, secara fisik, organ reproduksi wanita berusia di bawah 20 tahun belum siap untuk mengandung. Selain itu dari segi hormonal belum matang, lalu secara psikis juga belum siap.

Kondisi tersebut diatas akan menyebabkan, sampaumur yang hamil berisiko melahirkan bayi dengan berat lahir rendah, sampai meningkatkan risiko maut ibu dan bayi. Secara psikologis, kehamilan yang tidak diinginkan juga akan membuat calon ibu tidak peduli dengan kehamilannya. Ibu yang stres, bahkan depresi, akan sangat mengganggu pertumbuhan janin di dalam kandungan. Asupan nutrisi yang diharapkan bayi juga menjadi tidak seimbang.

Kehamilan yang tidak diinginkan pada sampaumur karenanya rentan terjadinya pengguguran yang tidak aman. Pilihan tersebut akan berakibat fatal, mulai dari pendarahan, infeksi, sampai maut ibu. Pendidikan s*ks semenjak dini, termasuk bagaimana menjaga kesehatan reproduksi sangat penting diberikan. Anda sebagai Orangtua juga seharusnya mampu mendampingi anak-anaknya melalui masa remaja, sehingga mereka tidak mudah mengikuti pengaruh negatif dari lingkungan.

Ringkasan:
  • Pengetahuan Kesehatan Reaproduksi pada sampaumur yang tidak sempurna akan meningkatkan resiko s*ks pranikah,
  • Pelaku s*ks pranikah terutama pada sampaumur lebih berisiko terjangkit HIV dan HPV,
  • Kehamilan pada sampaumur berisiko terhadap kondisi kesehatan janin, ibu dan dikala persalinan.
0 Komentar untuk "Risiko Penyakit akhir S*ks Bebas Saat Remaja"

Back To Top