Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi

Cinderella Complex merupakan kondisi yang dialami seorang wanita, dimana dirinya sangat ingin dilindungi dan sangat membutuhkan seorang pria untuk pelindung  kehidupan. Gangguan psikologi Cinderella Complex ini disebabkan dari pola asuh orang tua yang salah. Kondisi ini ditandai dengan rasa tidak percaya diri yang tinggi & perasaan takut terselubung untuk lebih berdikari atau dewasa. Dalam keseharian gangguan psikologis ini biasa disebut pula sindrom usia 20-an.

Penyebab Cinderella Complex ialah pola pengasuhan orang tua yang selalu melindungi secara berlebihan, membiarkan anak terlalu bermanja-manja, tidak mengajarkan teladan jiwa berpikir dan memilih dan mengambil keputusan. Selain itu, perbedaan teladan asuh antara ayah dan ibu juga mampu membuat sang anak bingung.

Sosok ayah yang sangat erat & over protective kepada anak perempuan,  mampu menimbulkan anak kelak akan mencari pasangan ibarat sosok ayahnya yang selalu menyayangi & melindunginya. Seorang wanita yang mengalami Cinderella Complex nantinya akan sangat membutuhkan seorang suami yang mempunyai sosok ibarat ayahnya, yang dewasa, dimanja berlebihan, mengayomi dan selalu melindungi. Perasaan ini juga akan terus bertambah hingga membuat anak wanita semakin bergantung dan tidak mampu mandiri.

Bila penderita Cinderella Complex ini tidak menemukan sosok ibarat ayahnya, maka ia akan cenderung terus mencari hingga ia menemukan lelaki idaman. Bila menikah kelak, apabila pasangan menjadi seorang yang tidak mampu ia impikan. Maka rumah tangga tersebut rentan terjadi konflik dan dapat berakhir dengan perceraian. Begitulan sindrom Cinderella Complex yang terjadi pada seorang perempuan yang sebenarnya.

Ringkasan:

  • Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi yang dialami oleh para wanita,
  • Gangguan Psikologi Cinderella Complex disebabkan karena teladan asuh yang salah antara orang tua,
  • Penderita Cinderella Complex akan mencicipi kerugian dikala cukup umur bahkan mampu mengganggu kehidupan keluarga.
0 Komentar untuk "Cinderella Complex merupakan Gangguan Psikologi"

Back To Top