6 Tips Menjaga Kesehatan Pada Bulan Puasa

|
Tidak terasa tinggal menghitung hari , puasa sudah di depan mata. Mari menyambut bulan yang suci penuh dengan semangat. Bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah , bulan ini pun dapat dikatakan bulan seribu bulan. Mengapa demikian? Tentu bulan rahmat memiliki nilai yang lebih dari pada bulan bulan lainnya. Menjalankan ibadah puasa tentu menahan segala nafsu , hal ini tentu mampu membuat tubuh kita cepat lelah dan dahaga. Begitu juga dengan kondisi kesehatan , kalau tidak diperhatikan , maka akan jatuh sakit. Hal ini lah perlu diperhatikan , supaya kondisi kesehatan tubuh tetap fit dan terlindungi.

Bagi umat muslim tentu diwajibkan berpuasa , terkecuali bagi perempuan yang sedang berhalangan. Nah , menjalankan ibadah puasa , tentu harus dengan tubuh yang sehat bukan. Tujuannya yaitu supaya tubuh Anda tidak mudah lemah dan lelah. Untuk menghindari kondisi tubuh yang cepat lelah di bulan rahmat , maka dibutuhkan cek kesehatan terlebih dulu , supaya tubuh Anda benar benar sehat. Rasanya tidak enak sekali menjalankan ibadah puasa dengan kondisi yang sakit. Maka dari itu , menjaga tubuh tubuh sehat harus menjadi prioritas utama.

Jalani ibadah puasa dengan kondisi tubuh sehat

Nah , mari kita sama sama menjaga kesehatan selama bulan ramadhan. Kondisi tubuh yang sehat , tentu akan sangat gampang menjalani ibadah puasa. Namun bagaimana dengan mereka yang dalam keadaan kurang sehat? Bukan berarti tidak berpuasa , melainkan kurang semangat selama menjalankan ibadah yang sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim.

Maka dengan itu , klik info sehat membagi tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan supaya puasanya lancar. Apa saja tips tersebut? Sebelum klik info sehat paparkan terkait tips sehat ini , maka baiknya kami juga mengucapkan kepada umat islam sedunia selamat menjalankan ibadah puasa.


Untuk dapat terjaga kesehatan tubuh pada ketika menjalankan ibadah puasa , maka perhatikan tips menjaga daya tahan tubuh di bulan rahmat yakni sebagai berikut:
  1. Jangan begadang
    Selama menjalankan ibadah puasa , tentu pada malam hari ada shalat tarawih serta tadarus bagi kaum pria. Nah aktivitas kegiatan ini merupakan amalan dalam bulan puasa. Namun , Anda juga mengharuskan untuk dapat mengatur waktu sampai mampu beristirahat. Tujuannya supaya tubuh Anda tidak merasa lemas pada ketika menjalani ibadah puasa keesokan harinya.
  2. Makan makanan sehat
    Selama menjalankan puasa , tentu mencicipi haus dan lapar. Selama seharian Anda menahan hawa nafsu , tentu pada ketika berbuka ingin menyicipi makanan sehat dan segar. Siaplah menu berbuka dengan makanan yang sehat , tujuan supaya kondisi Anda tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.
  3. Minum secukupnya
    Air juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Apa lagi pada ketika menjalankan ibadah puasa , air lah yang dapat menyegarkan tubuh Anda. Maka minumlah air secukupnya saur dan ketika berbuka. Selain air mineral , Anda juga membutuhkan air yang dapat menyehatkan tubuh , ibarat susu.
  4. Istirahat yang cukup
    Saat menjalankan ibadah puasa , tentu bawaan kita terasa lemas. Maka selama menjalankan ibadah puasa Anda juga butuh istirahat yang cukup. Istirahat yang baik pada siang hari yakni sesudah shalat zuhur.
  5. Berolahraga
    Nah , ketika menjalankan ibadah puasa , olah raga juga sangat butuh. Olah raga pada bulan ini , tidak harus berolahraga sebagai mana hari biasa. Dalam bulan ramadhan Anda perlu mengeluarkan keringat , supaya tubuh Anda tidak lemas dan lesu. Bagi mereka yang asik dengan ketiduran pada ketika bulan rahmat , maka yang mereka rasakan hanyalah lelah dan lemas. Berbeda dengan orang yang sudah mengeluarkan sedikit keringat mereka.
  6. Makan buah dan sayur
    Buahan sangat baik Anda konsumsi pada bulan ramadhan. Buah buahan dapat menyehatkan Anda. Selain mampu menyegarkan juga dapat membantu menjaga kondisi sehat. Begitu juga dengan sayuran , ini juga merupakan makanan sehat pada bulan ramadhan. Buah dan sayur kaya dengan vitamin , maka Anda harus banyak makan buah buahan serta sayuran.

Demikian info persembahan terkait dengan cara menjaga kesehatan tubuh di bulan ramadhan , supaya tetap bugar selama menjalani ibadah puasa nantinya. Dengan cara di atas , maka kesehatan keluarga Anda akan terjaga dan juga memudahkan dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga bermanfaat dan berkhasiat bagi kita semua.
Tag : berita
0 Komentar untuk "6 Tips Menjaga Kesehatan Pada Bulan Puasa"

Back To Top