Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata



Seberapa pentingkah mata dalam kehidupan kita? Sebagai alat penglihatan, tentunya mata memiliki banyak manfaat. Oleh alasannya itu, menjaga mata penting dilakukan setiap orang. Pasalnya bola mata sangatlah krusial dan rawan. Sulit rasanya untuk mengetahui kapan mata kita bisa terserang suatu penyakit atau kinerja fungsi melemah  ketika usia mulai bertambah.
Seperti organ vital lainnya yang ada di dalam tubuh, mata juga terbagi dari beragam komponen. Jadi, indera yang digunakan untuk melihat ini bukan organ insan yang sederhana. Saat mata mengalami duduk perkara kesehatan menyerupai rabun dekat, rabun jauh, hingga katarak pastinya akan begitu menganggu kegiatan anda. Ada baiknya mulai sekarang konsumsi jenis makanan  menyerupai berikut ini untuk menjaga mata tetap sehat.

Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata

1.Ikan salmon

Ikan salmon yang kaya akan kandungan asam lemak omega-3 tinggi sangat baik dikonsumsi. Pasalnya nutrisi yang terkadungnya bisa mencegah mata kering dan degenerasi makula terkain pada duduk perkara usia. Tidak sedikit para jago yang menyarankan untuk mengonsumsi 2 porsi ikan salmon pada setiap minggunya. Ikan salmon itu sendiri bisa dihidangkan ke beberapa menu makanan menyerupai salad atau sup. Bukan hanya ikan salmon, badan juga memerlukan ikan tuna maupun sarden.


2. Wortel 

Seperti yang kita ketahui bahwa wortel merupakan jenis makanan yang sehat untuk mata. Hal ini dikarenakan kandungan berupa beta-karoten pada wortel, dan nantinya akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Dimana vitamin A tersebut sangat berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata. Selain itu, wortel juga memiliki kegunaan sebagai pelepasan radikal bebas yang berada di dalam badan manusia.


3. Bayam

Bayam memang terkenal dari dulu sebagai makanan kesehatan mata. Beberapa nutrisi yang terkandung pada bayam, menyerupai vitamin A, Zeaxanthin, dan Lutein. Tentunya ketiga nutrisi bermanfaat secara efektif dalam menjaga mata agat tetap sehat. Misalnya vitamin A yang bisa melindungi korena, zeaxanthin bisa menyebarkan visual dari organ mata dan lutein befungsi sebagai pelindung mata dari paparan sinar ultraviolet.


4. Kacang Kenari

Ternyata jenis kacang-kacangan menyerupai kacang kenari, hazelnut, almond dan pecan banyak mengandung asam lemak omega 3, sehingga bermanfaat baik bagi penglihatan mata. Di samping itu, kacang kenari juga memiliki kandungan berupa antioksidan, vitamin E dan zinc yang tentinya baik dalam menjaga keseluruhan fungsi tubuh.


5. Biji bunga Matahari

Biji bunga matahari atau kuaci merupakan camilan yang mengagumkan untuk kesehatan mata. Hal ini tentu tak terlepas dari kandungan vitamin E, Zinc dan Selenium yang ada di dalamnya. Adapun manfaatnya dapat mencegah gangguan mata katarak dan penyebab dari faktor penuaan mata. Bukan hanya itu, kandungan vitamin B2 mamp mengatasi penyakit sensivitas mata terhadap cahaya.


6. Ubi jalar

Ubi jalar yang mempunyai kandungan vitamin A sehingga bisa meningkatkan fungsu dari penglihatan serta mencegah terjadinya katarak. Hebatnya lagi ubi jalar dapat mencegah glaucoma dan degenerasi makula. Tak hingga di situ, jenis ubi yang satu ini kaya akan kandungan beta-karoten, serat dan kalium. 
Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Jenis Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata"

Back To Top