Inilah Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan



Di dalam dunia kesehatan kacang merah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Mulailah dengan memasukkan kacang merah ke dalam menu makanan sehari-hari yang termasuk tips sehat baik. Anda bisa mencampurkan kacang merah ke kuliner lain ibarat sop, salad sampai minuman. Sayang rasanya jikalau anda melewatkan manfaat kacang merah begitu saja.
Sebenarnya kacang merang memiliki banyak kandungan yang diperlukan tubuh. Beberapa di antaranya yakni antioksidan, potasium, folat, serat, zat besi dan mineral. Setidaknya badan bisa mencukupi asupan kacang merah, sehingga bisa menurunkan risiko banyak sekali macam penyakit. Hebatnya lagi kacang merah dapat membentuk badan yang ideal. Inilah manfaat kacang merah bagi kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan

1.Menyehatkan Organ Pencernan
Kacang merah sangat baik dikonsumsi untuk menjaga organ pencernaan. Tentnya hal ini tak terlepas dari serat  tinggi yang terkandung dalam kacang merah. Jika anda sering mengalami sembelit maka sangat disarankan untuk mengonsumsi kacang merah. Bahkan kacang merah ini bisa mengurangi risiko kanker usus. Tidak hanya itu, kacang merah bermanfaat sebagai menu makanan aktivitas diet.

2. Mengoptimalkan Memori Otak
Berkat kandungan vitamin B yang terdapat pada kacang merah, maka dapat membantu mengoptimalkan memori otak. Pasalnya jenis kacang yang satu ini berkhasiat baik terhadap fungsi sel di otak dan saraf. Terutama kandungan berupa vitamin B1 atau Thiamin yang diperlukan untuk proses neurotransmitter dalam memori otak. Berdasarkan penelitian, jikalau seseorang yang rutin makan kacang merah bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer maupun kanker.

3. Meningkatkan Energi Tubuh
Berikutnya kacang merah dapat berkhasiat untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Kandungan berupa zat besi yang ada pada badan merupakan salah satu alasannya. Mengonsumsi kacang merah setiap hari maka dapat meningkatkan energi tubuh. Bukan hanya itu, kandungan kacang merah tersebut juga bisa membantu proses metabolisme badan secara lebih baik lagi.

4. Antibiotik Alami
Kacang merah mengandung kadar antibiotic yang cukup tinggi. Karena itulah dapat membantu mengurangi antioksidan di dalam tubuh. Berdasarkan penelitian yang mengungkapkan bahwa kacang merah kaya akan antioksidan tinggi ketimbang jenis kacang lainnya. Dengan demikian, dapat disimpulkan jikalau kacang merah bisa mempercepat regenerasi sel yang telah mati akhir radikal bebas di tubuh, bahkan bisa menjaga sel-sel terhadap kerusakan tertentu.

5. Mengontrol Kadar Gula Darah
Mengontrol kadar gula darah merupakan manfaat dari mengonsumsi kacang merah. Hal ini dikarenakan kacang merah memiliki kandungan serat yang tinggi. Maka dari itu, dapat membantu menurunkan kadar kolesterol pada badan dan mendorong kolesterol supaya tetap larut, sehingga bisa terbuang melalui organ pencernaan. Kacang merah juga termasuk  jenis makanan sehat bagi penderita diabetes.


Bagaimana, setelah anda mengetahui manfaat dari kacang merah tersebut? Setidaknya anda bisa mengonsumsi kacang merah dalam setiap harinya. Namun, ingat kacang merah juga bisa menjadikan gas dalam usus. Untuk itu, rebus dahulu kacang merah sebelum dikonsumsi sampai terasa lunak supaya dapat menurunkan kadar gas pada kacang merah. 

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Inilah Manfaat Kacang Merah Bagi Kesehatan"

Back To Top