Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mudah Mengatasinya

Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya – Gatal bukan duduk perkara penyakit besar dan hampir semua orang pernah mengalaminya. Jika diobati biasanya pribadi sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi gatal juga berakibat pada penyakit serius, ibarat gangguan fungsi hati yang menjadikan kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Apabila  gatal yang dialaminya terus-menerus mau tak mau anda pun harus segera mengatasinya.

menghilangkan gatal pada kulit
Banyak orang yang mengeluh tanggapan gatal pada kulit, selain mengganggu aktifitas juga dapat menjadikan duduk perkara kesehatan lain.  Oleh karenanya, mereka lebih memilih pergi ke dokter atau membeli obat gatal di apotek. Apa salahnya kalau anda mencoba materi alami. Sebetulnya, apa sih penyebab gatal pada kulit? Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Temukan jawabanya hanya di episode berikut ini.

Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mengatasinya


Penyebab Gatal Pada Kulit

  • Penyakit Kulit dan Ruam


Penyakit kulit yang menjadikan rasa kulit gatal biasanya yakni dermatitis, kudis, cacar air, panu, biduran, jamur kulit dan penyakit kulit lainnya. Tanda-tandanya ibarat kulit merah, lantas teriritasi , terdapatnya benjolan dan kalau digaruk akan lecet dan pedih.

  • Kulit Kering


Gatal juga timbul tanggapan adanya kulit yang kering. Faktor yang memicunya berupa cuaca yang ekstrim, ibarat panas dan dingin. Selain itu, faktor kelembaban yang begitu rendah, mencuci atau mandi dengan sangat seringnya, bahkan pengunaan AC jangka panjang.


  • Reaksi Alergi dan Iritasi


Alergi pada makanan tertentu dapat menjadikan rekasi gatal terhadap kulit. Terkadang akan muncul seketika setelah mengonsumsi makanan atau zat tertetntu, tetapi kalau anda menghindarinya maka gatal akan hilang. Bukan hanya itu, kosmetik juga menyebabkan alergi pada kulit. Sementara iritasi pada kulit biasanya tanggapan dari materi kimia, sabun atau zat lainnya yang memicunya.

  • Obat


Obat bisa membuat reaksi gatal-gatal pada kulit. Misalnya obat-obatan antijamur, antibiotik, obat nyeri narkotika yang akan menjadikan ruam atau gatal yang luas. Orang sering mengatakannya dengan “drug eruption” dan alergi obat.

Cara Mengatasi Kulit Gatal


  • Kunyit

Kunyit sebagai obat tradisional dalam mengatasi gatal pada kulit sekaligus banyak sekali duduk perkara pada kulit. Pertama yakni siapkan kunyi dan dau sambiloto untuk dicuci bersih. Kemudian kunyit  ditumbuk dengan daun sambiloto secukupnya hingga halus. Langsung saja dioleskann pada kawasan tubuh yang gatal.


  • Petai Cina

Obat kulit gatal dan kering  tanggapan alergi dapat menggunakan daun petai cina yang terbukti efektif dalam menghentikan rasa gatal tersebut. Siapkan 60 gram petai cina dan daun sirih 10 gram. Selanjutnya kedua materi direbus dengan 600 cc air dan tunggulah hingga mendidih. Biarkan air rebusa hangat atu mendingin. Barulah anda gunakan dengan mengoleskan ke area kulit yang terasa gatal.

  • Tanah Liat

Percaya ataukah tidak, memang benar tanah liat bisa mengatasi gatal tanggapan iritasi atau gatal biasa, termasuk gatal alasannya disengat serangga dan gigitan nyamuk. Sistem kinerja dari tanah liat yang dapat menarik racun pada kulit, sehingga rasa gatal akan semakin berkurang. Caranya hanya mencampurkan tanah liat dengan air, lalu diusapkan pada kulit yang gatal. Atau bisa dioleskan di kain kasa barulah ditutup di area kulit gatal.

  • Jeruk Lemon dan Minyak Kelapa

Kombinasi antara jeruk lemon dan minyak kelapa dapat mengatasi gatal di kulit anda. Peraslah jeruk lemon dan tambahkan minyak kelapa. Oleskan secara pribadi ke kawasan kulit tanggapan rasa gatal tersebut. Gunakan menjelang tidur dan diamkan semalaman. Tunggu keesokan harinya hingga gatal  yang diderita berkurang atau menghilang.



Demikian jawaban dari pertanyaan anda perihal penyebab gatal pada kulit dan cara mengatasinya. Sebaiknya anda harus menjaga kebersihan baik anggota tubuh maupun pakaian yang anda kenakan. Hal tersebut supaya mencegah timbulnya gatal pada kulit. Simak juga tips tips kesehatan dan tips kecantikan wanita pada artikel lainnya. Jangan lupa bagikan goresan pena ini biar orang di sekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Penyebab Gatal Pada Kulit dan Cara Mudah Mengatasinya"

Back To Top