Cara Mengobati Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki Dengan Cepat

Pastinya setiap orang pernah mengalami kesemutan yang bukanlah suatu penyakit, namun bagi orang yang mengalami kesemutan pastinyaakan mencicipi ketidaknyamanan. Rasa yang sering timbul akhir kesemutan yaitu tubuh akan mencicipi kaku, terasa ibarat ditusuk-tusuk oleh jarum, terkena anutan listrik, maupun terasa tebal. Kesemutan akan muncul di adegan tubuh mana saja, namun yang sering terjadi pada tangan dan kaki. 

Banyak orang yang mengabaikan kesemutan, karena hal ini sering terjadi bahkan dapat sembuh dengan sendirinya. Namun sesungguhnya kesemutan yang timbul pada tubuh biasanya merupakan gejala dari timbulnya beberapa penyakit. Oleh karena itu perlu pemahaman ihwal kesemutan yang diderita dan tentunya harus mengetahui cara mengobati kesemutan.

Kesemutan merupakan suatu gangguan fungsi pada syaraf. Gangguan ini akan mengenai syaraf tepi, sepanjang syaraf tepi, bahkan pada sel syaraf yang berada pad sumsum tulang. Timbulnya kesemutan yang sesaat biasanya disebabkan karena adanya gangguan anutan darah, dan timbulnya kesemutan yang lama disebabkan karena adanya cedera pada syaraf. Ada beberapa penyebab kesemutan diantaranya yaitu :

Penyakit diabetes. Gula darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan kerusakan syaraf perifer dengan ditandainya kesemutan.

Kekurangan vitamin. Kebutuhan vitamin yang kurang untuk memenuhi kebutuhan syaraf akan menyebabkan anemia pernisiosa yang menjadikan kesemutan di tangan maupun pada kaki.

Berikut ini yaitu beberapa cara mengobati kesemutan yang mampu anda lakukan :

Memperbaiki anutan darah
Cara mengobati kesemutan dengan memperbaiki anutan darah ini mampu dilakukan dengan cara menggerak-gerakkan tubuh yang kesemutan secara perlahan, ataupun dapat dengan cara memijat-mijatnya.

Mengkonsumsi vitamin B
Vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi syaraf dan juga berfungsi untuk zat pengantar metabolisme tubuh.Selain B1 juga terdapat vitamin B6 dan B12 yang diharapkan oleh tubuh namun tidak dapat diproduksi oleh tubuh, sehingga butuh asupan dari makanan yang banyak mengandung B1, B6, dan juga B12.cara mengobati kesemutan dengan mengkonsumsi vitamin merupakan cara yang cukup efektif.

Menghindari minuman beralkohol
Seorang penderita kesemutan sering juga disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol.Dengan sering mengkonsumsi alkohol tentunya vitamin B1 dalam tubuh berkurang, sehingga menjadikan neuropatiperifer yang menyebabkan kesemutan.

Beberapa tips cara mengobati kesemutan pada tangan :
Saat tangan mengalami kesemutan maka segera posisikan tangan pada keadaan yang nyaman, sehingga anutan darah pada tangan dapat berjalan dengan lancar.
Jika kesemutan terjadi pada ajun segera jentikkan jempol kaki kanan sekuat mungkin, dan juga jikalau terjadi pada tangan kiri.
Biarkan saja sampai kesemutan menghilang dengan sendirinya.

Beberapa tips cara mengobati kesemutan pada kaki :
Saat kaki mengalami kesemutan posisikan kaki pada posisi yang nyaman untuk melancarkan peredaran darah.

Demikian beberapa gosip ihwal cara mengobati kesemutan pada tangan dan kaku yang mampu anda lakukan. Semoga dapat bermanfaat.

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan, tips
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki Dengan Cepat"

Back To Top