5 Cara Mudah Membersihkan Telinga

Cara Membersihkan Kotoran Pada Telinga – Menurut pernyataan dokter bahwa membersihkan indera pendengaran menggunakan cotton bud akan menjadikan kotoran indera pendengaran makin terdorong ke dalam susukan telinga. Hal ini diperjelas jikalau anda tidak benar dalam melaksanakan pembersihan indera pendengaran bab dalam, kemungkinan kotoran tidak keluar melainkan masuk lebih dalam ke bab telinga. Jadi, anda harus berhati-hati.


Dari beberapa kasus yang ada, cotton bud memang kurang baik kualitasnya sebagai alat pembersih telinga. Terbukti sekarang banyak ditemukan cotton bud yang kedua sisi kapasnya sering lepas. Jika kapas cotton bud lepas di dalam indera pendengaran dikala anda membersihkannya, justru ini sangat berbahaya. Sebaiknya anda  melaksanakan metode yang alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut cara yang baik dan sempurna untuk dicoba.


Menggunakan Minyak Zaitun

membersihkan kotoran telinga
Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat yang baik, termasuk dalam membersihkan kotoran pada telinga. Cara yang dilakukannya yaitu siapkan terlebih dahulu mangkuk kecil. Lantas, buatlah bentukan lingkaran dari selembar kapas. Setelahnya celupkan pada minyak zaitun yang hangat. Cukup ditempelkan di indera pendengaran dan biarkan selama 15 menit. Ulangi terus hingga kotoran di indera pendengaran terasa berkurang.

Menggunakan Minyak Kelapa

Cara penggunaanya cukup berbeda dari yang lain, tuangkan minyak kelapa ke dalam sendok, lantas panaskan sendok dengan api lilin. Biarkan sendok menghangat dan celupkan bola kapas, setelahnya diperas supaya minyak tidak berlebih. Barulah terapkan kapas ke kedua telinga. Hal ini bertujuan semoga lebih steril, alasannya yaitu cara kerja pembersihan terjadi disaat panas yang ditambahkan minyak kelapa akan membuang kotoran telinga.


Menggunakan Cuka Putih dan Alkohol

Cara berikutnya sedikit rumit namun sangat efektif hasilnya. Langkah pertama yaitu cuka putih dan alkohol sekitar 70 % dicampur yang telah dimasukan ke dalam gelas. Lantas,  rendamlah bola kapas pada gelas tersebut. Miringkan kepala anda,  peraslah bola kapas hingga larutan cairan masuk ke dalam telinga. Biarkan hingga anda merasa bahwa cairan cuka membasahi kotoran, sehingga terasa hangat adanya alkohol. Jika sudah miringkan kembali kepala anda kea rah berlawanan dan keluarkan sisa larutan. Biasanya cara ini digunakan oleh perenang seketika telinganya mengalami jerawat liang indera pendengaran luar alasannya yaitu sisa air berada di dalam telinga. Alkohol bisa menguapkan air yang terperangkap.

Mengunakan Larutan Garam

Menggunakan laruta garam termasuk cara yang terbaik dalam menghilangkan kotoran pada telinga. Caranya juga cukup mudah. Siapkan garam dan air secukupnya saja. Kemudian, larutkan kedua materi tersebut dan aduklah hingga merata. Carilah kapas untuk digunakan sebagai alat penetes ke kawasan indera pendengaran yang akan dibersihkan. Lakukan cara ini dengan proses pergantian, jikalau indera pendengaran kiri sudah barulah diganti dengan indera pendengaran yang kanan.

Menggunakan Cuka Apel

Cara pengolahannya dengan mencampurkan cuka apel dengan air hangat. Kemudian, rendamlah bola kapas dan peras hingga airnya menetes ke dalam telinga. Tunggulah cairan bermekanisme dengan sendirinya. Ulangi prosesnya, apabila efeknya baik dan tidak menjadikan problem pada indera pendengaran anda.


Menggunakan Air Hangat

Air hangat juga bisa bereaksi untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga. Cara ini tidaklah merepotkan. Lakukan dengan meneteskan air hangat ke dalam lubang telinga. Sebaiknya melaksanakan cara ini setelah anda mandi, supaya lebih efektif.



Bukan hanya wajah yang harus dibersihkan, akan tetapi indera pendengaran anda juga supaya tidak terjadi penumpukan kotoran di dalam telinga. Namun, anda juga tidak boleh terlalu sering membersihkan indera pendengaran alasannya yaitu berdampak pada indera pendengaran gatal dan kering. Perlu diingat jangan gunakan benda runcing panjang dalam mengeluarkan kotoran pada telinga. Nah itu lah tips yang bisa kau coba di rumah untuk membersihkan telinga dengan mudah. 

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "5 Cara Mudah Membersihkan Telinga"

Back To Top