Tips Kesehatan Mata Alami dan Praktis

Mata merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi manusia. Mata membantu anda untuk melihat keadaan yang ada di sekitar lingkungan. Allah memperlihatkan mata kepada insan tentunya banyak sekali manfaatnya. Keindahan alam dapat dinikmati setiap saat. Coba anda fikirkan kembali betapa beruntungnya mempunyai dua mata yang sehat. Banyak sekali saudara-saudara kita yang ada di luar sana yang mempunyai mata yang tidak sehat bahkan ada yang tidak bisa melihat sama sekali atau buta. Untuk itu anda yang mempunyai mata sehat harus selalu menjaga dan merawatnya supaya selalu sehat dan tidak terkena gangguan penyakit mata. Dalam artikel ini akan membahas mengenai tips kesehatan mata yang tentunya sangat memiliki kegunaan bagi anda semua.
Tips Kesehatan Mata Alami dan Praktis
Menjaga kesehatan mata bekerjsama sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal. Justru yang mahal yaitu ketika anda terkena penyakit mata. Maka dari itu menjaga kesehatan mata yaitu salah satu hal wajib bagi anda semua. Tips kesehatan mata yang pertama yaitu dengan memakan buah dan sayur-sayuran yang banyak mengandung vitamin A dan protein yang bermanfaat untuk mata. Sayuran yang paling cocok untuk kesehatan mata yaitu wortel. Wortel banyak sekali mengandung vitamin A yang sangat bermanfaat untuk mata. Sering mengkonsumsi wortel akan menjadikan mata selalu sehat dan terhindar dari banyak sekali macam penyakit mata. Selain wortel ada juga tomat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Tomat ternyata tidak hanya mengandung vitamin C saja tai juga mengandung banyak vitamin A. Adalagi sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata yaitu bayam. Bayam banyak mengandung Lutein dan Zeaxanthin. Kandungan ini sangat dibutuhkan oleh mata.

Selain dengan menggunakan sayur dan buah untuk tips kesehatan mata juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi coklat hitam dan telur. Kandungan flavonoid yang ada didalam coklat hitam bisa melindungi mata dari kebutaan. Flavonoid ini membantu menjaga kesehatan dan melindungi pembuluh darah mata dan juga menjadikan kornea mata menjadi lebih kuat. Flavonoid juga dapat membantu memperkuat retina mata. Selain coklat hitam telur juga dapat dijadikan alternatif makanan yang dapat menyehatkan mata. Kandungan vitamin A dalam telur sangatlah banyak terutama pada episode putih telurnya. Putih telur juga mengandung Lutein dan Zeaxanthin yang bisa mencegah terjadinya katarak pada mata.

Tips kesehatan mata tidak hanya dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata saja. Anda juga perlu mengatur teladan hidup atau gaya hidup anda dalam kesehariannya. Penyebab timbulnya penyakit mata tidak hanya dikarenakan kurangnya gizi ataupun keturunan saja tapi juga dapat disebabkan karena gaya hidup atau cara hidup yang tidak baik. Kebanyakan orang yang terkena penyakit mata ibarat rabun akrab ataupun rabun jauh dikarenakan ia sering melaksanakan acara yang tanpa disadari dapat menyebabkan sakit mata. Aktivitas itu diantaranya yaitu membaca di ruangan yang gelap, terlalu banyak menghadap pada layar komputer atau laptop, dan sering menonton TV dengan jarak yang dekat.

Untuk menjaga kesehatan mata anda perlu untuk menerapkan cara hidup yang baik. Apabila anda seorang yang sering menghadap layar komputer atau laptop ada baiknya jikalau anda setiap sepuluh menit sekali untuk relaksasi tidak menghadap komputer. Rileksasi ini dapat anda lakukan dengan cara jalan-jalan di sekitar ruang kantor anda atau melaksanakan kegiatan selain menghadap ke komputer. Selain dapat menjaga kesehatan mata juga dapat menghindarkan anda dari ancaman kanker otak. Selain itu bagi anda para pelajar atau yang mempunyai hobi membaca sebaiknya hindari untuk membaca didalam ruangan yang gelap usahakan penerangan yang digunakan cukup. Tips kesehatan mata ini sangat bermanfaat jikalau anda menerapkannya secara rutin.

Untuk menjaga kesehatan mata anda juga perlu untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari secara langsung. Tips kesehatan mata yang terakhir yaitu pakailah kacamata hitam pada ketika anda akan melaksanakan bepergian ataupun sering terkena sinar matahari. Kacamata hitam ini dapat melindungi mata anda dari paparan sinar ultra violet matahari. Selain itu hindari untuk memakai obat tetes mata yang terlalu sering. Penggunaan obat tetes mata yang terlalu sering akan menjadikan kerusakan jaringan pada mata anda.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Tips Kesehatan Mata Alami dan Praktis"

Back To Top