Langkah Sederhana Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berbicara mengenai kesehatan, anda pasti pernah  mendengar pepatah mengatakan bahwa “mencegah lebih baik daripada mengobati”. Sehat yaitu anugerah dari Yang Mahakuasa Yang Maha Kuasa yang tidak ternilai harganya.Salah satu cara mencegahnya penyakit menyerang tubuh  yaitu dengan meningkatkan kekebalan (immunity) tubuh kita.
Langkah Sederhana Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Salah satu yang bisa mencegah serangan penyakit pada tubuh kita yaitu sistem kekebalan tubuh yang secara alami kita miliki. Dengan meningkatkan ketahanan tubuh dan mempertahankannya maka tubuh kita pun akan terhindar dari banyak sekali penyakit.Apabila kondisi kekebalan tubuh sedang menurun, maka penyakit pun akan mudah menyerang tubuh kita. Apa langkah-langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk memperkuat kekebalan tubuh terhadap penyakit dan keluarga Anda?

1. Rajin olahraga
Ya menyerupai yang sudah dibahas dalam artikel sebelum perihal manfaat olahraga, cara ini memang cara yang asing bin murah semoga anda terhindar dari penyakit. Berolahraga lah minimal 3x seminggu, min setiap 1 sesi sekitar 30 menit – 1 jam. Pilihlah olahraga yang menurut anda paling mudah anda lakukan atau mungkin memang hobi anda. Seperti jalan kaki, renang, sepeda, bermain futsal, dan lain-lain.

2. Istirahat yang cukup
Anda memiliki kebiasaan begadang ? Saran kami, mulai sekarang rubahlah kebiasaan anda tersebut. Karena manfaat dari istirahat yang  sangat luar biasa. Dengan istirahat yang cukup dan kualitas yang baik, tubuh anda akan meningkat kekebalannya, anda akan menjadi bugar kembali, pikiran anda juga menjadi segar kembali. Dan tentunya akan berimbas pada vitalitas dan aktifitas keesokan harinya.

3. Hindari Kebiasaan Buruk
Merokok, minum minuman keras, memakai narkoba, begadang, makan makanan tidak bergizi, bekerja terlalu keras (workaholic), stres, dan lain sebagainya mungkin bisa berdampak buruk pada sistem kekebalan tubuh kita. Sebisa mungkin hindari hal-hal tersebut diatas. Atau bahkan hilangkanlah dari daftar acara anda sehari-hari.

3. Makan Makanan Yang Bergizi
Kekebalan tubuh akan membutuhkan asupan energi dari makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita.  Dengan makan dan minum yang cukup jumlah dan gizinya bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita. Rajin makan atau minum sesuatu yang mengandung anti oksidan untuk melawan radikal bebas juga sangat rupawan bagi kesehatan tubuh kita. Perbanyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Hindari makan-makanan yang mengandung banyak garam, berlemak, dan mengandung zat-zat yang berbahaya bagi tubuh kita. Asupan suplemen (makanan tambahan) pun dapat dimasukkan dalam daftar pelengkapan makanan utama kita.

4. Hindari Penggunaan Obat-Obatan Yang Salah
Obat antibiotik sangat berbahaya kalau dikonsumsi dengan cara yang salah. Anti biotik sebaiknya dipakai dengan didasari atas resep dokter. Dosis yang salah serta penghentian konsumsi obat antibiotik sebelum sembuh dapat menimbulkan resistensi atau kekebalan penyakit terhadap obat, sehingga diperlukan dosis yang lebih tinggi lagi untuk menyembuhkan penyakit yang sedang diderita.

5. Rajin Membersihkan Diri
Kotoran yang melekat dan menempel pada tubuh kita biasanya mengandung basil yang dapat menimbulkan penyakit. Dengan secara rutin merawat kebersihan diri sendiri dapat menghindarkan kita dari banyak serangan penyakit. Mandi dengan sabun, menggosok gigi, basuh tangan dengan sabun, dan lain sebagainya yaitu beberapa pola acara bersih-bersih tubuh semoga terhindar dari penyakit.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Langkah Sederhana Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh"

Back To Top