Ingin Sehat Ikuti Aturan Cara Makan Yang Baik

- |
Di antara ciri makhluk hidup ialah makan. Manusia ialah makhluk hidup. Maka dia perlu makan untuk tetap sehat dan tetap bertahan hidup. Makanan berfungsi menjadi suplai energy dan segala kandunganya yang sangat diharapkan oleh tubuh. Makan ialah acara yang harus dilakukan setiap insan semoga kelangsungan hidupnya tetap terjaga dan terpelihara. Intinya kalau ingin tetap hidup maka jangan hingga luka untuk makan dalam setiap harinya.

Dalam makan , Cara dan polanya sangat besar lengan berkuasa pada kesehatan jasmani seseorang. Bahkan tidak hanya besar lengan berkuasa pada jasmani , tapi juga mampu besar lengan berkuasa pada rohani. Apabila Salah dalam cara maupun referensi makan , akan terjadi problem pada system pencernaan. Maka kalau sudah demikian , seluruh proses dalam pencernaan hingga absorpsi zat yang berkhasiat dari makanan tersebut juga akan terganggu. Akibatnya sangat besar lengan berkuasa pada badan kita.


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam urusan makanan yaitu:

  1. Makanlah hanya makanan yang Halal , artinya diperbolehkan oleh syariat. Juga Thayyib , artinya baik gizi dan kandungannya.
  2. Buatlah Jadwal makan yang teratur.
  3. Hindari makan hingga terlalu kenyang dan jangan pula membiarkan perut terlalu lapar. Baca juga artikel sebelumnya wacana
  4. Dilarang makan melebihi sepertiga perut. Karena apa ? Karena sepertiga lainnya ialah untuk minuman dan sepertiga terakhir untuk udara (nafas).


Berikut saya sampaikan Aturan dan Tata cara makan yang baik sebagai berikut , semoga manfaat untuk anda terutama untuk saya sendiri:

  • Jangan lupa untuk Mencuci tangan sebelum makan;
  • Berdoalah sebelum makan ,
  • Hendaknya pada dikala maka duduk dengan baik , tegap dan tidak bersandar , semoga makanan turun dengan sempurna;
  • Gunakan ajudan anda untuk makan;
  • Jikalau makan hendaknya dari hidangan atau porsi yang terdekat dengan kita;
  • Memenuhi lisan dengan makanan yang terlalu banyak tidaK baik , maka jauhilah semoga dapat mengunyah makanan dengan sempurna.
  • Hindari makan sambil bicara dan janganlag tergesa-gesa dalam mengunyah dan menelan makanan. Tujuannya apa?  Agar makanan dapat dicerna dengan baik oleh lambung. Karena makanan yang tidak dikunyah dengan tepat , akan menimbulkan kerja lambung semakin berat.
  • Jangan menyisakan makanan di piring (tempat makan). Alangkah baiknya mengambil makanan secukupnya sesuai dengan porsi makan kita. Jika hingga berlebih , maka makanan tersebuat akan terbuang percuma.
  • Bacalah doa setelah selesai makan
  • Jangan lupa untuk menCuci tangan kembali setelah makan.
Dengan memperhatikan cara makan yang baik ibarat di atas , Insya Tuhan kesehatan badan kita akan selalu terjaga. Ingat kata pepatah lama " Dalam badan yang Sehat terdapat Jiwa yang Sehat " Yuk pelihara kesehatan badan kita dengan baik semoga pikiran dan batin kita selalu hening dan tentram.

Tag : Info Sehat
0 Komentar untuk "Ingin Sehat Ikuti Aturan Cara Makan Yang Baik"

Back To Top