Efek Samping Makan Petai Terlalu Banyak

Efek Samping Makan Petai | Helloo sobat klik info sehat , apa kabar semuanya? Tentu sehat walafiat kan? Toh sudah tahu serta selalu membaca informasi seputar kesehatan. Nah , jika cinta sama hidup sehat , maka jangan remehkan informasi seputar kesehatan. Baik dari situs ini maupun situs lainnya yang mengabarkan informasi kesehatan.

Pada artikel kali ini kami uraikan mengenai efek samping makan petai terlalu banyak. Memang kita tahu , petai sangat baik untuk kesehatan , namun hati hati lo , dibalik manfaat baik , tersimpan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan anda.

Dampak negatif biji petai
Poto: Swaraunip.com

Nah , bagi anda yang sangat doyan sama yang namanya petai , ketahuilah efek samping yang terdapat pada petai. Petai memang enak bagi penikmat petai. Namun anda juga harus mengetahui efek samping petai bagi kesehatan. Bagi anda yang terlalu banyak makan petai dapat beresiko bagi kesehatan ginjal. Aaah....?? benarkah? Ya... petai juga dapat merusak ginjal. Simak penjelasan mengapa petai dapat berisiko pada ginjal.

Berikut penjelasan mengapa petai dapat merusak ginjal
Petai berbahaya bagi ginjal sebab banyak mengandung asam amino. Dan hal ni yang menyebabkan aroma yang tidak sedap pada urine. Karena asam amino kaya akan unsur Nitrogen dan unsur Sulfur yang akan diubah menjadi Amoniak (NH3) dan hidrogen sulfida (H2S) (yang menyebabkan kentut bau).

Seperti yang kita ketahui asam amino ini merupakan komponen penting dalam penyusunan protein. Tetapi jika dalam jumlah banyak maka akan dibuang melalui ginjal dan hasilnya protein yang berat molekulnya besar akan merusak jaringan pada ginjal dan hasilnya akan di temukan protein dalam urine. Gejala ini dinamakan proteinuria.


Sedangkan manfaat petai bagi ginjal juga ada , sebab petai ini juga mengandung antioksidan yang baik. Dan kita tahu bahwa yang berfungsi untuk membersihkan darah ialah hati dan ginjal. Sedangkan darah kita akhir lingkungan yang kotor/ makanan yang tidak sehat aneka macam mengandung radikal bebas.

Dan untuk menangkal radikal bebas diperlukan antioksidan. Selain itu , sebab petai mengandung asam amino salah satunya ialah triptofan. Dalam badan akan diubah menjadi serotonin yang akan menurunkan tingkat stres dan akan membuat diri lebih tenang. Manfaat yang terdapat pada petai dapat anda ketahui bahwa , petai mengandung vitamin C dan A.

Petai juga mengandung sumber energi yang baik ibarat gula alami , yakni sukrosa , fruktosa , dan glukosa. Kandungan lain yang terdapat pada petai ini juga mengandung zat besi , asam amino , kalsium , serat yang tinggi , serta antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas pada tubuh.

Seperti yang dijelaskan di atas , manfaat yang terdapat pada petai. Petai memang sangat disukai oleh banyak orang. Namun banyak juga yang membencinya , sebab petai sangat berbau. Bau petai merupakan ciri khas yang terdapat pada bijinya. Namun di balik itu temukan manfaatnya.

Kaprikornus mulai sekarang jangan memandang sebelah mata pada buah yang satu ini. Ternyata petai kaya nutrisi kan? Akan tetapi batasi juga ketika mengkonsumsinya , sebab apapun itu jika di konsumsi secara berlebihan akan menjadikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan anda juga.
Tag : berita
0 Komentar untuk "Efek Samping Makan Petai Terlalu Banyak"

Back To Top