5 Tips menjaga kesehatan gigi anak

1. Mulailah merawat gigi anak sedini mungkin
Untuk menjaga kesehatan gigi anak, sebaiknya mulailah memeriksakan kesehatan gigi anak semenjak usia 1 tahun.
5 Tips menjaga kesehatan gigi anak
2. Ajarkan kebiasaan menyikat gigi
Mulailah menyikat gigi anak anda bahkan semenjak pertama gigi nya mulai tumbuh, sikatlah gigi anak anda dengan sikat gigi bayi yang lembut dan gunakan pasta gigi yang mengandung flouride. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 kali sehari. Pada ketika menyikat gigi yang paling penting ialah ketika malam hari sebelum tidur. Kemudian jangan berikan makanan atau minuman apapun pada anak selain air putih selepas menyikat gigi. Hal ini mampu membantu tetap bersih dan memulai proses mineralisasi selama tidur melalui banyak sekali mineral di air liur.

3. Hindari makanan manis atau minuman manis sebelum tidur
Jangan berikan anak susu atau jus buah sebelum tidur siang alasannya ialah hal ini mampu menempel pada gigi anak, yang merupakan sumber makanan bagi basil yang hidup dalam mulut. Ini yang mampu membahayakan dan memicu terjadinya pembusukan pada gigi anak.

Pembusukan gigi atau gangguan kesehatan gigi pada anak kalau tidak segera di tangani maka akan mensugesti tumbuh kembang anak. Jika anak anda tidak dapat tidur tanpa meminum sesuatu maka cobalah berikan air putih.

4. Jangan menggunakan “dot” terlalu lama
Penggunaan dot yang terlalu lama akan membahayakan kesehatan gigi anak, menyedotnya terlalu besar lengan berkuasa juga dapat mensugesti susunan gigi atas dan bawah anak. Bahkan dapat mensugesti bentuk lisan anak.
Gunakanlah dot pada masi bayi dan hentikan penggunaannya ketika anak anda sudah berusia 2 tahun. Jika anak anda masih mempunyai kebiasaan mengendot ketika sudah berusia 3 tahun maka segeralah hubungi dokter.

5. Bersikaplah Tegas
Walaupun mungkin banyak sekali tantangan yang harus anda hadapi ketika mengajarkan anak untuk menyikat gigi, anak sering rewel dll, anda harus tetap membiasakan kebiasaan meyikat gigi ini demi untuk menjaga kesehatan gigi anak anda.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "5 Tips menjaga kesehatan gigi anak"

Back To Top