Jenis Mainan yang Sesuai berdasarkan Usia Anak




Semakin bertambahnya usia, anak tentunya akan mempunyai kemampuan yang makin beragam. Meski demikian, sebagian besar anak justru masih asyik dengan satu jenis mainan yang ia punyai sehingga orang bau tanah tidak bisa memaksakan alasannya hal tersebut yakni kesukaan anaknya.Mainan yang Sesuai berdasarkan Usia Anak

Memiliki jenis mainan yang disukai memang tidak salah. Meskipun demikian, orang bau tanah sebaiknya lebih mengarahkan pada permainan yang sesuai dengan usianya. Awalnya anak mungkin tidak dapat menerima, namun lambat laun ia pasti akan menyukainya. Terlebih lagi kalau mainannya dirancang dengan warna yang menarik sesuai yang ia sukai.

Mainan anak pada dasarnya tidak hanya sekedar sahabat yang dapat membuat anak menjadi merasa senang, tetapi juga dirancang sebagai media belajar. Oleh alasannya itu, mainan anak mempunyai desain, warna, serta bentuk yang beragam sesuai dengan karakter serta fungsi usia anak. Berikut ini merupakan jenis mainan yang sesuai berdasarkan usia anak dan ini sangat diharapkan untuk mendukung proses perkembangan anak sesuai dengan usianya.

Mainan untuk usia 0 hingga 9 bulan
Jenis mainan yang cocok untuk usia 0 hingga 9 bulan antara lain mainan rattle atau kerincingan, matras gimnastik, mainan gigitan (teether), matras berbentuk boneka, bola karet, boneka berbahan kain, boneka yang memiliki bunyi, boneka gantung, buku kain, serta boneka jari yang mempunyai beragam karakter. Tidak hanya itu, permainan yang tidak menggunakan alat jiga dapat dilakukan, menyerupai halnya bermain cilukba atau mainan dengan cara menepuk badan ibu oleh tangan anak.


Mainan untuk Usia 9 hingga 18 bulan
Beberapa mainan yang bisa dilakukan oleh anak yang berusia 9 hingga 18 bulan ialah mainan yang menirukan kehidupan sehari – hari menyerupai halnya sayuran, binatang, buah, telepon, serta mobil-mobilan. Sementara permain untuk memecahkan problem diantaranya ialah mainan buka tutup, puzzle, balok susun, dan bola besar.


Mainan untuk Usia 18 hingga 36 bulan
Mainan yang bisa membuatnya berkreasi menyerupai halnya crayon, melukis, lilin kreasi, piano, drum, atau gitar mainan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat berbagi imajinasinya dengan menggunakan mainan rumah boneka, berpakaian, merias diri, berdandan, dan peralatan memasak.


Mainan untuk usia 4 hingga 5 tahun
Pada usia 4 hingga 5 tahun, anak dapat menggunakan banyak sekali jenis mainan menyerupai ular tangga, monopoli, atau lego. Tidak hanya itu, anak juga dapat mencar ilmu angka dan waktu dengan banyak sekali permainan menyerupai sempoa, model huruf, dan angka. Dengan teknologi yang semakin berkembang, anak – anak bahkan dapat bermain permainan menggunakan komputer atau aplikasi pada gadget, namun tetap harus dilakukan dengan pengawasan orang tua.

Permainan yang menggunakan teknologi memang boleh dikenalkan pada anak, namun peranan orang bau tanah akan sangat berpengaruh. Permainan yang menggunakan teknologi memang dapat sangat membantu, terutama untuk mengatur siasat serta mendapatkan skor yang baik dengan permasalah yang ada di dalam permainan tersebut. Meski demikian, orang bau tanah harus tetap melaksanakan pengawasan dan bimbingan semoga anak dapat bijak dalam menggunakan permainan online .



Sebagai orang tua, kita harus benar-benar bisa memilih jenis mainan yang sesuai berdasarkan usia anak, hal ini kita lakukan demi kebaikan bawah umur dalam pertumbuhan dan perkembangannya 


Sumber http://www.blogfakta.com
1 Komentar untuk "Jenis Mainan yang Sesuai berdasarkan Usia Anak"

terima kasih untuk info tentang mainan anaknya, sangat bermanfaat!

Back To Top