Cara mengajarkan bayi membaca



Saat ini, orangtua yang mulai mengajar bayi mencar ilmu membaca semenjak berumur beberapa bulan (6 bulan). Mungkin bagi sebagian orangtua lainnya, terlalu dini untuk mengajar bayi mengeja. Di televisi, majalah atau surat kabar pernah diperkenalkan metode mengajar bayi membaca dan mengajar bayi mengeja. Metode tersebut ternyata di negara yang maju telah lama dilakukan oleh para orangtua.

Mengajar bayi membaca atau mengajar bayi mengeja, bukanlah ibarat mengajar anak yang telah duduk di Sekolah Dasar. Mengajar bayi mengeja dan mengajar bayi membaca dilakukan dengan bermain. Karena dunia bayi yaitu dunia bermain. Bayi mencar ilmu memahami segala sesuatu dengan bermain. Sebagai orangtua terutama ibu tentu telah mengerti perihal hal tersebut.

Metode yang mengajar bayi membaca yaitu metoda glenn doman. Metoda ini sangat efektif untuk bayi mencar ilmu membaca dan bayi mencar ilmu mengeja. Metoda glenn doman telah banyak dipraktekkan oleh orang bau tanah yang tinggal di kawasan perkotaan bila dibandingkan orang bau tanah yang tinggal di desa. Hal ini terjadi alasannya susukan gosip yang didapat masyarakat di pedesaan sangat kurang.

Selain itu, masih banyaknya orangtua di desa yang tingkat pendidikannya rendah.  Metode glenn doman dapat kita lakukan dengan membuat sendiri peralatan yang diperlukan untuk bayi mencar ilmu membaca. Kita cukup mengajar bayi membaca dalam beberapa detik saja, tiga kali sehari secara rutin. Mengajar bayi membaca ketika bayi dalam suasana senang dan sehat badannya. Bila bayi rewel tentu mengajar bayi membaca akan sia-sia saja.

Tetapi sebagai orang bau tanah kita tetap harus memperhatikan faktor gizi. Gizi merupakan salah satu faktor yang ikut berperan dalam keberhasilan bayi mencar ilmu membaca selain stimulan. Tanpa asupan gizi yang seimbang akan sedikit sulit untuk mengajar bayi membaca dan mengeja.


Berdasarkan pengalaman orangtua yang telah melaksanakan metode tersebut, bila metode tersebut dilakukan secara rutin dengan penuh kesabaran dan cinta kasih, metode tersebut akan berhasil. Bukan saja Cara mengajarkan bayi membaca, tetapi juga meningkatkan perkembangan sel-sel otak. Karena metode glenn doman memperlihatkan stimulan bagi perkembangan otak bayi. 

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Cara mengajarkan bayi membaca"

Back To Top