Review: Clash Of Clans

C.O.C alias Clash Of Clans. Ya, mungkin kebanyakan dari kalian sudah pernah mendengar atau bahkan memainkan game ini.Belum Tau ihwal game satu ini? Nih sedikit Penjabarannya... 


Developer             : Supercell
Platform               : Android & iOS
Release                 : Agustus 2012
Genre                   : Multy-player Strategy


clash of clans
Nah, sebetulnya game ini pertama kali release di Canada pada bulan agustus 2012 lalu. Namun, gres release di Indonesia sekitar awal tahun 2013 lalu. Game ini juga sering menduduki Top 10 game grossing di App store dan Google Play. Game ini mampu kalian unduh dengan gratis di App / Google store. Tapi untuk memainkannya, kalian tetap memerlukan Koneksi Internet.

Gue pertama kali main game ini beberapa bulan yang lalu, awalnya hanya sekedar penasaran sebab temen-temen sering bahas game ini, bahkan ada yang hingga lupa ngerjain peran gara-gara main C.O.C. Saking penasarannya, karenanya gue unduh juga. Hal pertama yang ada di pikiran gue yaitu
“Ini game apaan sih, Iconnya kok Hulk Hogan gini…”
Clash of Clans



Setelah gue mulai main C.O.C, ternyata game ini cukup menarik untuk dimainkan. Game ini bercerita ihwal pertarungan clan dimasa lalu. Lo akan berperan sebagai kepala Desa/Pimpinan Clan dimana lo harus membangun desa, prajurit dan pertahannya.  Untuk membangunnya, lo akan dibekali tambang Gold dan Elixir. Gold digunakan untuk membangun pertahanan ibarat Mortar, Town Hall,Cannon, Archer Tower, dsb. Dan Elixir digunakan untuk Upgrade Barrack (Untuk berbagi Pasukan), Army Camp, Dekorasi, dsb. 

Cara menerima elixir dan gold tidak hanya dari tambangnya, tapi mampu juga dari rampasan dari Clan pemain lain. Tapi ingat, lo juga mampu di serang sama player lain. Tapi jangan takut, untuk menggagalkan serangan musuh, lo tinggal mengupgrade wall yang akan melindungi Town Hall + Resource desa. Patternnya, mampu lo kembangkan sendiri atau mampu ambil pattern dari web. Mungkin di awal-awal, permainan ini begitu monotone sebab hanya dibekali 2 Builder hut dan hanya mampu membuat Barbarian. Tapi nanti kalau elixir sudah cukup, lo mampu upgrade barrack untuk membuka pasukan yang lainnya. Urutannya Barrack adalah:
Barrack Lvl 1          : Barbarian
Barrack Lvl 2         : Archer
Barrack Lvl 3         : Goblin
Barrack Lvl 4         : Giant
Barrack Lvl 5         : Wall Breaker
Barrack Lvl 6         : Air Bomb [Baloon]
Barrack lvl 7          : Wizard
Barrack Lvl 8         : Healer [Fairy]
Barrack lvl 9          : Dragon
Barrack Lvl 10       : P.E.K.K.A
Clash of Clans


          Disini lo tidak hanya dilatih untuk cendekia bermain strategy, tapi juga dilatih untuk tabah dalam upgrade. Upgrade item lvl 1-3 mungkin sebentar, tapi upgrade 4+ akan memakan waktu yang lama bahkan sampe berminggu-minggu. Townhall 7 ke 8 aja menghabiskan waktu 8 hari kalo nggak salah. Selain Gold dan Elixir, disini juga ada item Gem yang digunakan untuk pembelian item Premium. Seperti Builder Hut dan membeli Resource. Ada 3 cara menerima Gem:
            

  1.             Membeli dengan Credit Card
  2.            Menyelesaikan Achievment
  3.            Membersihkan Gem Box[25 gem], blush-tree, stone.


Gem Box itu munculnya nggak tentu, kadang 1minggu sekali udah muncul, kadang lama banget. Sedangkan dari Blush – Stone, lo akan menerima Gem dengan random, antara 1-6 gem. Kalo lagi apes, kadang lo gak dapet sama sekali. Cuma dapet Exp aja. 
Gem coc


Prestasi dalam bermain Clashof Clans adalah dengan memenangkan fitur My League. Pada fitur itu,lo akan bersaing dengan gamers di seluruh dunia untuk menjadi juara dalam beberapa tingkatan ibarat Bronze, Silver, Gold, Crystal, Master, Champion.  Untuk Trophynya, lo mampu dapetin dengan cara menyerang bangsa lain, minimal menghancurkan 50% dari Bangunannya. Urutan Trophy mampu lo liat dibawah sini: 
Clash of clans


Saat desa lo hancur diserang oleh Player lain, lo akan menerima 12jam Free Shield Dan kalau desa lo hancur 90%+, maka lo akan menerima shield selama 16jam. Artinya, lo gak akan diserang oleh player lain selama 12 jam tersebut. Tapi ingat, Jangan menyerang desa lain selama Shield lo masih On, sebab ketika lo menyerang, Shield lo akan akan ikut hilang.

Sebenernya masih banyak hal yang mampu gue tulis disini, tapi nggak enak juga kalau gue tulis semuanya. Dengan goresan pena ini, supaya kalian menjadi penasaran dan punya niatan meng-install dan  bergabung dengan Gue, Febie, Arif di Clan Blogger Energy.  Percaya atau nggak, game ini memang sudah benar-benar mensugesti gue. Setiap pagi gue mulai lupa cek SMS, gue malah inget cek C.O.C. Ngecek desa gue hancur diserang apa enggaknya. Kampret!


Sekarang gue bermain dengan 2 akun, 1 akun gue sudah lvl 56 dan 1 lagi ada di clan BE lvl 33. Ini memang game yang menyenangkan, disini juga lo mampu berguru bahasa inggris sebab banyak player dari Negara lain. Makara tunggu apa lagi? Mari!
N.B: Pak Jokowi juga suka main COC, dia suka main kalau lagi gak ada kerjaan.:)))

Jokowi main COC


Quote COC
Quote player Clash Of Clans ala gue ,

-Danu Saputra

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Review: Clash Of Clans"

Back To Top