Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Bagi kau pecinta kopi, kalian wajib tahu manfaat dari kopi itu sendiri. Kopi tidak hanya di gunakan untuk menghilangkan kantuk, tapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk simak beberapa manfaat kopi berikut ini:



  • Mencegah kepikunan

Kepikunan ternyata dipengaruhi oleh senyawa polifenol yang terdapat dalam kopi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi kesehatan otak. Kandungan kafein dalam kopi juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya plak amiloid serta mencegah terjadinya kerusakan neurofibrulary yang menjadi sumber terjadinya kepikunan.

  • Mengurangi Resiko Diabetes

Penelitian memperlihatkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk menyebarkan diabetes tipe 2. Hal tersebut terjadi alasannya efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal, yang ditemukan pada orang dengan diabetes tipe 2.

  • Mencegah Penyakit Batu Empedu

Para peneliti Harvard pada tahun 2002 menemukan bahwa wanita yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari kerikil empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria.

  • Menurunkan Resiko Kanker

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, endometrium, prostat dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen dan insulin. Sebuah studi di Swedia menemukan bahwa minum setidaknya dua hingga tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara.
Namun tidak hanya wanita yang menerima keuntungan. Sebuah studi yang baru-baru ini keluar dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa kopi menimbulkan penurunan risiko kanker prostat.

  • Meningkatkan metabolisme dan bisa menurunkan berat badan

Kopi dapat membantu Anda mempertahankan – atau bahkan menurunkan- berat badan. Sebuah studi lama di tahun 1980 menemukan bahwa kafein yang ditemukan dalam kopi merangsang metabolisme tubuh, dan itu hanya pada orang “normal,” sedangkan pada orang yang mengalami obesitas, mereka mengalami oksidasi lemak yang lebih besar.

  • Kandungan Antioksidan

Seorang peneliti Harvard, Edward Giovannucci, dalam penelitian yang diterbitkan dalam “Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention,” mencatat bahwa kopi memiliki lebih banyak antioksidan daripada kebanyakan sayuran dan buah-buahan. Bahkan, sebuah studi tahun 2005 menemukan bahwa kopi berada dalam urutan pertama sebagai sumber untuk antioksidan dalam rujukan makan orang Amerika. Selain diminum, kopi juga dapat dijadikan masker wajah alami alasannya kandungan antioksidan yang tinggi. Kamu bisa membuat masker alami sendiri dari materi tersebut untuk menjaga kehalusan kulit loh..

  • Kopi dapat mencegah timbulnya penyakit jantung atau stroke

Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah kalau dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi.Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari. 
Ternyata kopi memiliki banyak manfaat kan? Kaprikornus jangan takut lagi meminum kopi setiap harinya untuk menjaga kesehatanmu. Yuk share tipsnya biar semua orang di sekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Kopi untuk Kesehatan"

Back To Top