Cara Mengurangi Resiko Penyakit Stroke

Gejala dan Cara Mengurangi Resiko Penyakit Stroke - Stroke merupakan penyakit pembuluh darah otak yang ditandai dengan selesai hidup jaringan otak hal ini disebabkan karenakan adanya penyumbatan dan pecahnya pembuluh darah menuju otak sehingga pasokan darah dan oksigen ke otak berkurang dan mengakibatkan serangkaian reaksi biokimia yang akan merusakkan atau mematikan sel-sel saraf otak. Dan di Indonesia sendiri, jumlah penderita stroke dari tahun ke tahun selalu meningkat.


Dari isu yang saya terima, bahwa pada tahun 2012 tercatat sekitar 500.000 kasus penderita stroke dengan angka 12.500 orang meninggal akhir penyakit tersebut dan lainnya mengalami banyak sekali macam penyakit menyerupai cacat dan lain sebagainya. Dengan melihat jumlah tersebut, berarti Indonesia merupakan salah satu termasuk negara yang penderita strokenya banyak. Adapun penyebab seseorang terkena penyakit stroke diantaranya:

Penyebab Stroke

Faktor risiko perilaku

Maksud faktor resiko perilaku disini yaitu gaya hidup dan  contoh makan yang tidak sehat menyerupai kebiasaan merokok, meminum alkohol dan mengkonsumsi minuman bersoda. Selain itu kurangnya olahraga juga dapat menyebabkan terserangnya penyakit stroke.

Faktor risiko medis

Maksud faktor resiko medis yaitu faktor medis yang menyebabkan stroke antara lain tekanan darah tinggi, pengerasan pembuluh darah dan gangguan jantung. Dan dari hasil data statistik 80% pemicu stroke yakni hipertensi dan arteriosklerosi.
Itulah beberapa penyebab stroke yang sering terjadi, adapun gejala gejala yang akan dirasakan apabila orang terkena stroke, untuk mengetahui apa saja gejala yang akan di alami oleh orang yang terkena stroke. Silahkan simak informasinya dibawah ini

Gejala terserang penyakit stroke

    cara mencegah stroke
  • Sulit bicara atau sulit mengerti
  • Penglihatan mata mendadak kabur
  • Kehilangan keseimbangan dan susah jalan
  • Sering mendadak pusing dan sakit kepala tanpa diketahui sebabnya
  • Rasa mati mendadak atau kehilangan rasa dan lemas pada muka dan episode tubuh lainnya


Cek tekanan darah secara rutin
Mengecek tekanan darah secara teratur dapat mengurangi resiko terkena stroke. Sebab kalau anda mengalami tekanan darah tinggi dan tidak ditangani, akan membuat pembuluh darah Anda mengalami tekanan ekstra.

Hentikan Kebiasaan Merokok
Salah satu faktor pemicu stroke yaitu merokok, Kebiasaan merokok dapat menyebabkan atherosclerosis dan membuat darah Anda menjadi mudah menggumpal.

Hindari Stres dan Depresi
Orang yang sering mengalami stres dan depresi, lebih besar terkena stroke. Hal ini disebabkan stres dapat menggangu bahkan mengakibatkan korban fisik, dan kalau tidak cepat di atasi dapat mengakibatkan masalah jangka panjang.


Konsumsi Makanan Sehat
Mungkin anda sudah mendengar ribuan kali akan pentingnya mengkonsumsi makanan sehat bagi kesehatan tubuh. Ya sebagimana yang kita ketahui, mengkonsumsi makanan yang sehat dapat terhindar dari banyak sekali macam penyakit salah satunya stroke.



Berolahraga
Salah satu manfaat utama dari olahraga yaitu untuk memperlancar peredaran darah yang ada ditubuh kita, selain itu olahrga secara teratur juga dapat menurunkan tensi darah dan menciptakan keseimbangan lemak yang sehat dalam darah.

Jaga Berat Badan Ideal
Bukan dari makanan atau rokok saja penyebab dari penyakit stroke tetapi faktor berat tubuh pun sangat menunjang anda terhadap penyakit tersebut. Orang yang memiliki berat tubuh berlebih memilki tingkat resiko terkena stroke yang lebih besar, selain stroke juga obesitas (kelebihan berat badan) dapat menyebabkan penyakit lain menyerupai diabetes dan hipertensi. Untuk itu pantau terus kondisi berat tubuh anda biar terus dalam kondisi ideal.



Lebih baik mencegah daripada mengobati. Begitu juga dengan hal ini, lebih baik mencegah penyakit stroke daripada mengobatinya. Ketahui gejala-gejala penyakit stroke sebelum semuanya terlambat. Jangan lupa bagikan goresan pena ini biar orang disekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengurangi Resiko Penyakit Stroke"

Back To Top