Bayi yang sehat



Bayi sehat merupakan dambaan dari setiap orang tua. Bayi sehat ialah bayi yang memiliki tinggi tubuh dan berat tubuh standar yaitu sekitar 48-51 cm untuk tinggi dan 2,5-4,5 kg untuk serta memiliki pertumbuhan yang pesat. Namun dimasa-masa awal kelahiran bayi masih sangat rentan akan penyakit. Sehingga kita harus sangat berhati-hati dalam merawat bayi.
Cara memiliki bayi sehat yaitu :

·      Selalu menyempatkan diri untuk memberi bayi ASI
ASI sangatlah diperlukan bayi pada awal pertumbuhannya. ASI merupakan makanan utama bayi setelah lahir dalam beberapa bulan setelah dilahirkan. Memberi ASI sangatlah penting alasannya ASI mengandung banyak sekali zat anti bodi, Protein khusus, dan sel-sel darah putih. Semua itu yang diperlukan bayi untuk tumbuh dan berkembang dengan pesat.
·      Imunisasi bayi yang teratur dan sempurna waktu
Imunisasi sangatlah penting untuk bayi. Untuk itu pemerintah mewajibkan 5 imunisasi dasar sebelum anak berusia satu tahun. Kelima imunisasi dasar itu ialah DPT (Difteri, Pertusis dan Tetanus), polio, campak, BCG (Bacille, Calmette, Guerin), hepatitis B. Imunisasi-imunisasi ini diwajibkan alasannya penyakit-penyakit tersebut memiliki angka kematian yang tinggi dan dapat mengakibatkan kecacatan.
·      Waktu tidur yang cukup untuk bayi
Waktu tidur untuk bayi yang gres lahir sangatlah lama. Bayi dapat tidur hingga setengah hari lebih. Karena saat bayi tidur, dalam tubuh bayi membangun sel-sel gres yang bisa menangkal virus dan mikroba. Sehingga bayi membutuhkan waktu yang cukup untuk tidur mereka yaitu sekitar 16-18 jam perhari.
·      Selalu memenuhi kebutuhan nutrisi.
Kita harus memberi ASI setidaknya menyusui bayi hingga bayi berumur 6 bulan. Tapi jikalau bisa jangan hanya 6 bulan saja. Kemudian bayi sudah dapat diberi makanan semi padat yang dilakukan sedikit demi sedikit semoga bayi dapat menyesuaikan. Kita harus memperhatikan kandungan gizi yang terdapat pada materi makanan.
·      Jaga kebersihan bayi dan ibu
Selalu menjaga kebersihan bayi. Bila bayi mengompol hendaknya pribadi diganti. Jangan biarkan terlalu lama jikalau kita memakaikan pempers pada bayi.
·      Menyempatkan diri untuk menyusui bayi
Walaupun ibu merupakan seorang yang sibuk dengan pekerjaannya, tetapi ia harus tetap menawarkan ASInya untuk buah hatinya. Seperti sebelum berangkat bekerja, pulang kerja, dan jikalau bisa menyediakan ASI yang ditaruh pada botol.
·      Selalu membersihkan diri sebelum kontak dengan bayi
Agar bayi terhindar dari penyakit hendaknya sang ibu membersihkan diri terlebih dulu sebelum mendekati bayi. Apalagi sebelum menyusui hendaknya mencuci tangan terlebih dahulu. Agar tidak ada bakteri yang masuk ketubuh bayi saat menyusui. Ini juga merupakan langkah untuk merawat bayi semoga sehat.

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai bayi sehat, semoga dapat meberikan isu yang bermanfaat. Jangan lupa untuk selalu memantau perkembangan bayi. Apabila bayi sakit hendaknya pribadi dibawa ke dokter jangan ditunda-tunda.            
Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Bayi yang sehat"

Back To Top