Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui


Bawang Putih atau yang memiliki nama lain allium sativum merupakan tanaman yang termasuk dalam kategori Family Amaryllidaceae dan Genus Allium yang masih memiliki kekerabatan dengan bawang merah, bawang bombai dan jenis bawang yang lainnya merupakan materi alami yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih juga sudah dipercaya dari dulu sebagai salah satu bumbu kuliner dan materi obat-obatan dan memiliki ciri khusus yaitu berwarna putih dan aroma yang sangat menyengat. Aroma menyengat yang terdapat pada bawang putih disebabkan oleh senyawa sulfar yang terkandung didalamnya.

Tidak hanya senyawa sulfar yang terdapat pada bawang putih namun juga mengandung banyak protein, serat, vitamin A, B1, C, Senyawa Enzim dan Mineral. Mineral yang terdapat padan bawang putih antara lain menyerupai Kalsium, Tembaga, Kalium, Magnesium, Zat Besi, Selenium, dan senyawa kimia yang lainnya. Terus apa saja manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh ? Baca terus gosip yang sudah kami rangkum dibawah ini.

1. Penyakit Jantung
Penyakit jantung merupakan penyakit yang bisa menyebabkan kematian, lebih banyak penduduk di amerika yang telah meninggal akhir penyakit jantung pada perang dunia kedua. Penyakit jantung ini biasanya terjadi akhir gaya hidup yang tidak sehat serta mengkonsumsi makanan yang kurang sehat. Penelitian di India menyatakan bahwa banyak mengkonsumsi bawang putih bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan sudah terbukti hasil laporan tersebut mengatakan orang yang mengkonsumis bawang putih setiap hari memiliki angka janjkematian lebih kecil dibaingkan dengan mereka yang tidak mengkonsumsinya.

2. Diabetes
Diabetes atau yang biasa disebut kencing manis diakibatkan karena kadar glukosa yang ada didalam darah menjadi tinggi dikarenakan tubuh tidak bisa memproduksi atau mengeluarkan insulin yang cukup. Pada dasarnya air seni pengidap diabetes rasanya manis karena anyak mengandung gula. Setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari akan menjadi energi yang diharapkan tubuh. Dalam lambung makanan yang kita konsumsi tersebut akan diuraikan menjadi beberapa elemen penting, termasuk menjadi salah satu jenis gula yaitu glukosa. Jika terdapat banyak gula, maka pankreas bisa menghasilkan insulin yang akan membantu mengalirkan gula ke seluruh tubuh, kemudian gula tersebut akan diserap oleh tubuh secara baik yang akan menghasilkan energi.

Pada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Ohaeri et al pada tahun 2001 menyatakan bahwa bawang putih bisa menurunkan kadar glukosa yang terjadi pada tubuh secara signifikan. Sedangkan pada penelitian lain yang dilakukan oleh Eidi pata tahun 2006 menyatakan bahwa ekstrak bawang putih bisa meningkatkan kadar serum insulin dalam tubuh. Oleh karena itu bawang putih bisa mencegah terjadinya diabetes, serta senyawa yang terdapat pada bawang putih sangat efektif dari efek glibenclamide yang merupakan salah satu obat yang biasa dikonsumsi oleh penderita diabetes.

3. Memperkuat Sistem Imun
Sistem imun atau biasa disebut sistem kekebalan merupakan sistem perlindungan yang dilakukan oleh sel dan organ khusus untuk menggalang virus/ penyakit yang akan masuk dalam tubuh. Pada dasarnya bila sistem imun bekerja dengan benar maka sistem perlindungan tubuh juga akan kebal terhadap abuh kuman serta virus serta menghancurkan sel kanker dan zat absurd yang ada dalam tubuh, dan sebaliknya bila sistem imun melemah perlindungan tubuh juga akan melemah, sehingga tubuh akan rentan terhadap virus yang menyebabkan demam dan flu.
Oleh karena itu bawang putih sangat bermanfaat untuk memperkuat sistem imun dikarenakan kandungan yang terdapat pada bawang putih menyerupai allicin, alliin, asam amino dan belerang bisa membuat sistem imun lebih besar lengan berkuasa dan bisa merangsang pembentukan sel imun gres menyerupai makrefage dan sel natural killer.

4. Kanker
Kanker merupakan penyakit yang biasanya ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang biasanya menjadikan kemampuan pembelahan sel melebihi batas normal, dan menyerang jaringan biologis yang ada di dekatnya serta bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limafatik.

Penelitian yang dilakukan oleh Gallene et al pada tahun 2016 menyatakan bahwa bawang putih banyak mengandung antioksidan yang berfungsi untuk mencegah munculnya efek radikal bebas yang merupakan penyebab utama timbulnya penyakit kanker. Serta menyebutkan bahwa pria yang rutin mengonsumsi bawang putih akan memiliki resoko lebih kecil bila dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi bawang putih.

5. Mencegah Aterosklerosis
Aterosklerosis merupakan bahasa yunani yang berarti suatu proses pengerasan yang terjadi pada pembuluh darah yang biasanya ditandai dengan adanya penimbuhan sejumlah substansi berupa endapatn lemak, kolesterol, trombosit, sel makrofag, leukosit, kalsium dan produk sampah seluler lainnya yang terbentuk akhir lapisan tunika intima dan tunika media yang biasanya juga disebut sebagai plak ateroma, plak tersebut memiliki ciri khas bewarna kuning yang diakibatkan oleh adanya kandungan lipid dan kolesterol.

Oleh karena itu bawang putih bisa mencegah aterosklerosis dikarenakan mengandung senyawa yang berfungsi untuk menghambat akumulasi kolesterol serta mencegah plak ateroma menempel pada pembuluh arteri.

6. Melindungi organ hati
Hati merupakan organ paling penting yang ada dalam tubuh serta berfungsi penting untuk menetralkan racun yang masuk dalam tubuh, pada suatu penelitian menyatakan bahwa bawang putih bisa menangkal pengaruh buruk yang diakibatkan oleh obat obatan kimia serta nikotin yang merangsang petumbuhan senyawa glutathione. Glutathione merupakan senyawa yang dihasilkanoleh liver atau organ hanti yang sangat berfungsi dalam proses detoksifikasi racun yang terjadi dalam tubuh.

7. Malaria
Malaria merupakan salah satu penyakt menular yang diakibatkan oleh abuh benalu plasmodium dan biasanya ditularkan melalui gigitan nyamuk anophales. Nyamuk ini biasnya banyak terdapat pada tempat tropis termasuk indonesia. Parasit plasmodium yang ditularkan oleh nyamuk anophales ditularkan melalui gigitan yang menyerang sel darah merah. Saat ini ada 4 jenis benalu plasmodium diantaranya plasmodium vivax, plasmodium malariae, plashmodim ovale dan plasmodium falciparum. Parasit plasmodium yang paling berbahaya dan bisa mengancam nyawa yaitu benalu plasmodium falciparum.

Bawang putih sendiri memiliki kangundan senyawa ajoene dan senyawa chloroquine yang berfungsi untuk membuhun benalu plasmodium dan mencegah terjadinya abuh malaria. Disaat seseorang mengidap penyakit malaria, perlindungan ektrak bawang putih atau eksklusif menkonsumis bawang putih akan bisa mengurangi gejala yang diakibatkan oleh nyamuk anophales dalam waktu yang singkat.

Seperti yang sudah kami jelaskan diatas berbagai manfaat dari bawang putih untuk tubuh terutama bagi kesehatan. Namun hati hati dalam mengkonsumsi bawang putih karena memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Biasanya efek samping yang ditumbulan seperti  anyir badan, rasa mual dan muntah. Selain itu dalam penelitian kao et al juga mengatakan protein alliane yang terdapat pada bawang putih bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang, namun hal tersebut masih sangat jarang ditemui
.

Agar khasiat yang terdapat pada bawang putih tidak hilang usahakan pada dikala memasak sebaiknya tidak terlalu panas, dikarenakan zat yang terdapat pada bawang putih akan hilang bila terlalu panas. Semoga gosip mengenai manfaat dari bawang putih ini bisa memiliki kegunaan untuk kalian semua yang sedang mengalami salah satu penyakit yang kita bahas diatas.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Yang Perlu Kalian Ketahui"

Back To Top