Cara Mengolah Daun Nanas Muda Menjadi Obat Mata

| Manfaat Pucuk Daun Nanas Muda | Tidak sembarangan daun nanas menjadi obat herbal , khusus pucuk daun nanas liar (nanas hutan) yang bisa dijadikan obat herbal sebagai penyembuh penyakit yang ada. Banyak diantara media kesehatan mengulas manfaat buah nanas bahkan efek samping buah nanas itu sendiri. Namun , pada isu kesehatan kali ini membagikan manfaat daun nanas muda untuk kesehatan mata.

Kita tahu yang bahwa pada buah nanas mengandung vitamin C yang tentunya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun , ada juga dampak buruk yang tersimpan pada isi buah nanas yang sehingga dapat terjadinya efek samping bagi yang mengkonsumsi buah nanas muda , salah satunya bisa membuat keguguran bagi yang dikandung.

Obat tradisional yang bisa menyembuhkan mata rabun

Sebagaimana yang di lansirkan oleh salah satu media kesehatan yakni , aladokter.com yaitu dalam 3 ,5 ons buah nanas mengandung 47 ,8 mg vitamin C. Selain itu , pada buah nanas juga mengandung vitamin B , dan aneka macam mineral menyerupai mangan , dan serat. Buah nanas merupakan satu-satunya sumber bromelain , yaitu enzim proteolitik yang banyak digunakan untuk mengobati aneka macam macam penyakit.

Perlu Anda ketahui , ciri ciri daun nanas yang bisa dijadikan obat herbal semoga Anda juga tidak keliru ketika mencari daun nanas. Banyak yang menunjukkan saran kalau mengalami mata rabun maka solusinya bisa disembuhkan dengan daun nanas. Namun , yang perlu Anda ketahui yaitu bentuk dan ciri ciri daun nanas yang dapat di jadikan obat herbal.

Berikut ini ciri ciri daun nanas yang bisa dijadikan obat herbal yakni di bawah ini:
  1. Nanas liar yang tumbuh tampa dirawat
  2. Bentuk daunnya kecil dan panjang serta dipenuhi banyak diri pada daun
  3. Buah nanas liar ini juga kecil dan jauh ber beda dengan nanas biasa
  4. Tanpa dibudidaya , nanas liar ini juga tumbuh segar
  5. Buahnya lebih ke warna merah jambu (pink)
  6. Pastikan selain daunnya panjang , juga dipenuhi dengan duri

Perlu Anda ketahui bentuk dan ciri ciri tumbuhan nanas liar ini semoga memudahkan Anda mendapatkannya. Selain itu juga tidak sia sia ketika mengolah menjadi obat herbal nantinya. Yang perlu Anda perhatikan sebelum mengambil daun nanas muda ini , pastikan nanas tersebut yaitu nanas liar sempurna sebagaimana dijelaskan di atas.

Nah , untuk mengolah daun nanas muda menjadi obat herbal maka , ketahui dulu apa sih manfaat dari daun nanas itu? Daun nanas liar ini gotong royong bisa mengobati mata rabun yang disebabkan oleh jelabah atau kotoran yang menumpuk pada mata , sehingga bisa berdampak pada penglihatan tidak normal.

Setelah mengetahui manfaat dari pucuk daun nanas , maka akan kita masuk ke cara mengolah daun nanas muda menjadi obat mata yakni sebagai berikut:
  1. Ambilkan daun nanas liar yang muda atau pucuk daun nanas
  2. Pastikan Anda mencabut pucuk daun nanas liar
  3. Siapkan air satu panci untuk merebus daun nanas
  4. Selanjutnya silahkan merebus daun nanas liar yang muda hingga mendidih
  5. Tunggu hingga beberapa menit hingga mengeluarkan zat baik pada daun nanas liar ini
  6. Selanjutnya biarkan air rebusan tadi mendingin hingga bisa mencuci muka.
  7. Setelah panasnya berkurang dan sudah bisa mengusap pada muka , maka silahkan tuangkan ke daerah lain yang lebih besar.
  8. Bila air rebusan pucuk daun nanas liar ini sudah mendingin , maka silahkan Anda masukkan muka ke dalam air tersebut sambil membuka mata semoga zat yang ada bisa mengatasi mata rabun.
  9. Buka mata Anda selama mencelub ke air rebusan daun nanas liar ini selama mampu.
  10. Lakukan cara ini secara rutin semoga kotoran yang ada pada mata bisa hilang , hingga membuat penglihatan Anda benar benar pulih kembali

Kesimpulan
Cara ini merupakan tradisi bagi orang desa yang menganggap daun nanas liar bisa mengobati mata rabun. Cara ini juga hingga ketika ini masih dilakukan oleh setiap orang renta di desa semoga penglihatan mereka bisa terang kembali. Dengan manfaat yang terdapat pada daun nanas liar sehingga bisa menyembuhkan mata rabun.

Semoga dengan mengetahui manfaat yang ada pada daun nanas liar bisa menjadi rujukan untuk solusi penglihatan kita semua. Namun demikian , dengan adanya obat tradisional bukan berarti Anda mengabaikan cara medis. Artinya , cara medis juga sangat penting untuk mengetahui keluhan yang ada , dengan demikian apapun penyakit yang dialami , maka penting berkonsultasi dengan dokter ahli.
Tag : daun
0 Komentar untuk "Cara Mengolah Daun Nanas Muda Menjadi Obat Mata"

Back To Top