Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami



Apakah anda tahu apa gejala sinusitis? Pernahkah anda mengalami sakit flu? Iya, sedikit berkaitan dengan penyakit influenza. Sinuitas sendiri awalnya ibarat flu biasa, lantas akan mencicipi nyeri di kawasan tulang pipi atau di area alis tepatnya episode atas. Tanda-tandanya berupa timbulnya pembengkakan di salah satu mata, flu yang dirasa disertai dengan kepala sakit dan batuk. Karena itulah sinusitis harus segera diobati. 
Kemungkinan penyebab sinusitis yaitu berhentinya kanal lendir pada hidung alasannya infeksi pada sinus tersebut, sehingga akan meradang bahkan membengkak. Sementara itu, dipastikan kanal dalam pengambilan napas akan terasa sulit begitupun cara berbicara yang kedengarannya kurang baik. Padahal sinusitis bisa berarti bersifat akut bahkan  kronis. Untuk penyembuhannya bisa menggunakan cara alami disamping dengan penanganan dokter. Simaklah cara pengobatan sinusitis di bawah ini dengan seksama.

Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami

1.Minyak Atsiri
Minyak atsir mengandung sebuah perpaduan dari minyak esensial yang mampu  membantu mengobati segala macam penyakit pernapasan. Alhasil minyak atsiri biasa digunakan masyarakat pada umumnya dalam pengobatan penyakit pernapasan tersebut.  Untuk itu,  penderita sinusitis banyak yang percaya akan kandungan materi alami minyak atsiri yang sama gunanya dalam mengatasi sinusitis.

2. Minyak Kayu Putih
Minyak kayu putih bisa melawan infeksi pada sinus, selain itu  juga bersifat antibakteria sehingga bisa sebagai pembersih lendir dari kanal pernapasan. Pada penderita sinusitis yang telah akut, maka dapat mencoba minum minyak kayu putih dengan takaran 200 mg dan diterapkan 3 kali sehari. Namun, kalau dipergunakan pada inhalasi uap, minyak kayu putih akan meredakan hidungg tersumbat.

3. Air Garam
Air garam memiliki manfaat dalam mengobati sinusitis. Cara yang dilakukan yaitu mencuci hidung penderita menggunakan air garam yang berfungsi untuk menjaga kanal hidung tetap terbuka. Bukan hanya itu, air garam bisa mengeluarkan lendir atau basil yang  berasal dari dalam hidung.  Bisa juga denan cara lain cukup berkumur air garam yang hangat, cara ini berguan secara penyembuhan sinusitis alami.

4. Lobak
Lobak juga dapat digunakan dalam pengobatan sinusitis.  Manfaat lobak yang bisa mengencerkan atau melarutkan lendir alasannya terjadi infeksi sinus. Senyawa welirang yang terdapat pada lobak bisa membunuh kuman penyebab sinusitis. Ditambah dengan kandungan anti-inflamasi dan antihistamin alami yang akan membuka kanal bronkial, sehingga kanal hidung tidak mengalami penyempitan.

5. Cuka Sari Apel
Cuka sari apel memproses lendir yang padat menjadi tipis, sehingga akan mudah untuk dihilangkan. Pada penderita sinusitis gejala awal cukup menggunakan ramuan 1-2 sendok teh cuka mentah ditambah sari apel di dalam  6 ons air, lalu satu sendok teh madu untuk mempermanis. Setalahnya diminum 3 kali sehari untuk diterapkan selama 5 hari.

6. Neti Pot
 Neti pot hampir ibarat dengan teko teh, namun neti pot khusus digunakan untuk pengobatan melalui hidung. Caranya larutkan satu sendok teh garam laut dalam 2 gelas air hangat. Berdirilah di bersahabat wastafel mengisi pot neti dengan satu cangkir air dan menempatkan ujung ceret dalam satu lubang hidung. Miringkan kepala anda ke samping dan memungkinkan air untuk menjalankan keluar melalui lubang hidung yang berlawanan. Isi ulang neti pot dan lanjutkan mengulanginya dengan lubang hidung lainnya. 


Cara mengobati sinusitis secara alami telah anda simak di atas. Hal yang perlu diingat semoga sinusitis tidak semakin parah, yaitu mandi dengan air hangat. Jangan lupa perbanyak minum air putih minimal 8 gelas setiap hari semoga lendir pada rongga sinus tidak mengental serta mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C. 

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Sinusitis Secara Alami"

Back To Top