7 Jenis Permainan Bayi Usia 1 sampai 3 Tahun Yang Sangat Bermanfaat



Bermain merupakan salah satu cara mengasyikan yang bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk juga pada anak – anak yang mempunyao rentang usia 1 sampai 3 tahun. Pada ini, anak – anak sudah mulai aktif. Permainan yang biasa dilakukan yakni yang lebih banyak bekerjasama dengan lingkungan di sekitarnya. Meski demikian, peranan orang renta masih dibutuhkan untuk memilih jenis permainan yang sempurna sesuai dengan usianya.

Permainan memang ada banyak jenisnya, namun yang baik yakni permainan yang bisa dipilih sesuai dengan tahapan perkembangannya sehingga proses berguru akan menjadi maksimal. Berikut ini merupakan 7 jenis permainan bayi usia 1 sampai 3 tahun:

1.    Mainan yang bekerjasama dengan acara sehari hari
Mainan yang lebih akrab dengan acara sehari – hari memang akan lebih mengasyikan. Anak dapat melaksanakan permainan menyerupai bermain masak – kuliner atau bermain tugas sebagai seorang dokter. Permainan tugas akan sangat disukai oleh anak – anak yang berusia 1 sampai 3 tahun. Sesekali anak Anda pasti akan menirukan gaya idolanya yang ada di film kartun. Di sini anak Anda bahkan dapat berguru untuk bersosialisasi, berimajinasi, serta bisa menambah kemampuan kreativitas yang dimilikinya dengan melaksanakan perrmainan wacana acara sehari – hari.
2.    Mainan yang membutuhkan pemecahan masalah
Anda jangan berpikir bahwa ini merupakan permainan yang rumit dan tidak disenangi oleh anak – anak. Namun kenyataannya, permainan ini justru sangat mengasyikan dan bisa melatih kemampuan anak untuk berpikir. Alat bantu yang bisa mendukung permainan ini yakni puzzle. Gambar serta warna yang menarik juga dapat membantu anak untuk menguasai kemampuan dalam pemecahan masalah.
3.    Permainan Meningkatan Kreativitas
Beberapa anak akan senang sekali jikalau diberikan permainan yang memiliki warna sesuai dengan kesukaannya. Salah satunya yakni balok dengan beraneka ragam warna untuk kemudian menyusunnya sesuai dengan warna kesukaannya. Tidak hanya itu, pilihan mainan menyerupai lego dan lilin mainan juga bisa mendorong kreativitas anak.
4.    Berolahraga sambil bermain
Saat anak berusia 1 sampai 3 tahun, ia akan senang sekali jikalau diajak untuk bermain di halaman rumah. Anda bisa mengajaknya untuk bermain bola bersama keluarga di halaman rumah. Bermain bola bisa membantu perkembangan koordinasi kaki, otak, dan juga tangan, serta mengajarkan anak untuk dapat mendapatkan diri dikala menang atau kalah di dalam kompetisi. Tidak hanya itu, permainan ini juga dapat mengajarkan kepada anak untuk dapat bergantian dalam bermain sehingga bisa menumbuhkan rasa saling menghargai tehadap orang lain.
5.    Bermain music
Anda juga dapat mengajak anak untuk bernyanyi dan menari. Anda bisa menggunakan CD atau DVD kemudian menirukan gerakan yang ada di video klipnya. Dengan demikian, anak dapat berguru bernyanyi dan menari seolah – olah ia berada di atas panggung pentas. Hal tersebut dapat membuat anak menjadi lebih percaya diri dikala akan tampil di hadapan umum.
6.    Mari Membaca
Meski anak usia 1 sampai 3 tahun masih belum terlalu terlatih untuk membaca, namun mengenalkan buku dogeng dapat meningkatkan kreativitas serta imajinasinya. Anda dapat menggunakan buku bergambar serta membuktikan banyak sekali halaman pada anak.
7.    Kertas dan Crayon
Saat anak berusia 1 – 3 tahun, kemampuan menulisnya sudah dapat dilatih meski awalnya ia hanya mencorat – coret saja pada kertas dengan menggunakan crayon. Namun setidaknya, hal tersebut dapat membantu anak untuk mengenal alat tulis.


Untuk kebaikan, pertumbuhan dan juga kecerdasan anak, maka 7 jenis permainan bayi usia 1 sampai 3 tahun silakan Anda lakukan yang paling pas atau cocok untuk Anda. Anda bisa memilih permainan lain untuk bayi Anda bila punya alternative permainan yang lain.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "7 Jenis Permainan Bayi Usia 1 sampai 3 Tahun Yang Sangat Bermanfaat"

Back To Top