6 Jenis Permainan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan Yang Sangat Bagus Untuk Perkembangan



Saat memasuki usia 10 sampai 12 bulan, perkembangan bayi akan semakin meningkat dalam hal kemampuan motoriknya. Saat bayi sedang mengalami perkembangan motorik, hal yang terpenting untuk dilakukan ialah dengan menunjukkan stimulasi sehingga pertumbuhan dan perkembangan anak dapat berjalan optimal. Hal inilah yang seringkali terlupakan oleh orang tua.

Permainan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan
Salah satu stimulasi yang dapat diberikan kepada anak ialah dengan mengajaknya bermain. Bermain mempunyai peranan penting yang bisa membuat anak menjadi mengenal dirinya sendiri, perkembangan kognitif anak, bersosialisasi, serta memecahkan masalah. Sementara dikala bayi berusia 10 sampai 12 bulan, permainan mempunyai manfaat untuk dapat mengoptimalkan kemampuan anak yang berkaitan dengan pertumbuhan dan perkembangan sesuai dengan usianya. Beberapa jenis permainan bayi usia 10 sampai 12 bulan yang sangat baik untuk perekembangannya yakni sebagai berikut:

1.    Anak dapat diajak untuk bermain ucapan menggunakan kata – kata yang mudah, ibarat papa dan mama, kemudian mengulanginya beberapa kali. Hal ini menjadi sesuatu yang menyenangkan dikala Anda memperkenalkannya pada anak. Ini papa, ini mama, ini adik dan ini kakak sembari menunjuk orang yang dimaksud.
2.    Mengajarkan Anak untuk merapikan mainanya menjadi salah satu penerapan disiplin yang dilakukan semenjak dini. Anak juga akan senang untuk memasukan mainannya ke dalam wadah. Anda bisa menemaninya sembari menerangkan cara yang benar untuk melakukannya.
3.    Belajar makan sendiri bisa melatih kemampuan motorik halusnya. Anda dapat menunjukkan alat makan yang menarik dengan gambar tokoh yang diidolakannya. Sehingga anak dapat bermain sambil belajar.
4.    Mengajak anak untuk bermain dengan bangun kemudian berpegangan. Permainan ini bisa dilatih sembari menyemangati anak untuk mencar ilmu bangun dan juga berjalan.
5.    Membacakan buku dogeng dapat Anda lakukan dengan kisah banyak sekali tokoh di dalamnya. Sesekali Anda dapat membiarkannya untuk mengetahui dan menunjukkan tokoh favoritnya.
6.    Menunjukkan benda kubus dengan warna serta bentuk yang berbeda sehingga bisa dikenali oleh anak anda.


Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Jenis Permainan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan  yang baik untuk perkembangan buah hati anda. Dengan demikian, orang renta memiliki peranan yang penting untuk mengajak anak dalam bermain baik dengan menggunakan media maupun permainan sederhana tanpa media atau alat. Hal ini dapat membantu anak dalam membuatkan kemampuan yang dimilikinya. Permainan juga dapat menunjukkan stimulasi sesuai dengan usia perkembangan pada anak Anda. Petumbuhan dan perkembangan yang optimal pada anak dapat mempersiapkan kualitas sumber daya insan yang nantinya bisa lebih baik.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "6 Jenis Permainan Bayi Usia 10 sampai 12 Bulan Yang Sangat Bagus Untuk Perkembangan"

Back To Top