Tahap perkembangan kognitif anak usia 3 tahun

Setiap anak pasti akan mengalami suatu perkembangan yang biasanya berkaitan dengan kecerdasan. Kecerdasan tersebut dapat dilihat misalnya melalui kemampuan mengingat, mengenal atau bahkan kemampuan untuk dapat memahami banyak sekali obyek. Perkembangan tersebut biasanya dinamakan dengan perkembangan kognitif.
Tahap perkembangan kognitif anak usia 3 tahun
Perkembangan kognitif pada setiap anak akan menentukan jenis pembiasaan eksklusif dan sosial yang dilakukan oleh anak, alasannya yaitu dengan kemampuan kognitif inilah seoarang anak akan dengan mudah menyesuaikan dirinya dengan lingkungan sosial. Setiap anak akan berkembang sesuai dengan hasil kematangan intelektual dan pengetahuan yang didapat anak dalam kurun waktu yang panjang.Pada usia 3 tahun kemampuan kognitif seorang anak akan semakin kompleks, alasannya yaitu pada usia ini seorang anak dapat mencapai kemampuan-kemampuan yang biasanya ditandai dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
  • Anak pada usia 36 bulan atau 3 tahun memiliki kemampuan yang semakin kompleks, alasannya yaitu anak pada usia ini lebih cenderung menggunakan benda sesungguhnya.  Sebagai pola anak dapat menyusun benda-benda di lingkungan sekitar sehingga mirip sesuatu yang dikehendaki mereka.
  • Selain itu anak pada usia ini sudah dapat mengelompokkan dan menghitung mainan sendiri. Bahkan selain dapat menghitung dan mengelompokkan, mereka dapat mengurutkan sesuatu berdasarkan urutan besarnya.
  • Yang lebih fantastisnya anak pada usia 3 tahun mereka sudah dapat memiliki kemampuan mengingat dan kemampuan tersebut semakin hari akan semakin meningkat.
  • Pada usia 3 tahun setiap anak memiliki pembendaharaan kata yang dapat mencapai sekitar 80% kata-kata yang dapat dipahami oleh dirinya sendiri. Bahkan biasanya anak pada usia-usia mirip ini mereka akan mulai banyak berbicara wacana ayah, ibu dan anggota keluarga lainnya. Bahkan dengan orang yang gres mereka kenal sekalipun.
Berdasarkan penjelasan-penjalasan diatas jadi kognitif  itu dapat diartikan sebagai kemampuan anak mengikuti keadaan dan menginterpretasikan kejadian-kejadian disekitarnya. Ada beberapa faktor yang dapat mensugesti perkembangan kognitif anak diantarnya faktor keturunan dan faktor lingkungan, faktor gizi, faktor kematangan, faktor pembentukan dan faktor kebebasan psikologis. Dengan memahami tahapan-tahapan perkembangan kognitif pada anak khususnya pada anak usia 3 tahun maka kita akan lebih mudah memahami bagaimana menyebarkan bawah umur sesuai denga kemampuan yang telah mereka miliki.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "Tahap perkembangan kognitif anak usia 3 tahun"

Back To Top