Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Teh Hijau merupakan minuman yang tidak absurd lagi bagi anak muda jaman sekarang. Selain rasanya yang enak, minuman ini juga rendah kafein dan juga baik untuk kesehatan sebab mengandung antikosidan atau polifenol yang bisa menjaga kesehatan tubuh dan mencegah perkembangan sel kanker. Di jaman sekarang, olahan teh hijau sangat mudah di temukan, mulai dari minuman, makanan, vitamin sampai kosmetik.

            Kebanyakan orang tidak tahu manfaat teh hijau untuk kesehatan. Faktanya, minuman ini memiliki banyak khasiat yang sangat penting untuk tubuh kalau di konsumsi secara teratur dengan dosis tertentu. Nah, sekarang gue kan jelaskan beberapa manfaatnya.

Menjaga berat badan

Kelebihan berat tubuh atau biasa disebut dengan obesitas merupakan dilema yang sering di alami banyak orang di dunia. Kebiasaan mengkonsumsi junk food dan minuman dengan kandungan glukosa yang tinggi menjadi pemicu utama terjadinya obesitas. Untuk mengatasinya, kau bisa menggunakan teh hijau. Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel, teh hijau mengandung anti oksidan yang cukup banyak dan berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh. Zat yang terkandung dalam teh hijau juga membantu tubuh untuk memperabukan lemak dan menjadikanya kalori sehingga berat tubuh tetap terjaga.


Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat memicu penyakit jantung dan stroke. Nah, teh hijau ternyata mengandung tanin yang bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Teh hijau juga membantu mengurangi peresapan kolestrol dalam pencernaan.

Mengatasi Diabetes

Teh hijau membantu tubuh untuk mengobati diabetes sebab mengandung anti-oksidan alami yang menghambat enzim Alpha-glucosidase, dan secara otomatis akan menghambat peresapan glukosa dalam darah. Teh hijau juga dapat membantu mengingkatkan toleransi glukosa pada orang yang sehat.

Menghilangkan Stress dan Depresi

Stress merupakan kondisi dimana pikiran insan menjadi tidak damai dan menyebabkan kinerja tubuh menjadi terganggu. Sehingga tubuh mudah lelah dan mudah terserang penyakit. Menurut penelitian, orang yang mengkonsumsi teh hijau secara teratur, memiliki kemungkinan yang sangat kecil mengalami stress atau depresi. Teh hijau juga mengandung senyawa Theanine atau asam amino yang bisa menekan stress dan kecemasan. Theanine sendiri bersifat sebagai anti depresan.

Mengobati sakit perut

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghancurkan bakteri. Hal ini membuatnya menjadi antiseptik alami sekaligus membantu pencegahan penyakit perut lainnya menyerupai keracunan makanan. Tetapi hal ini kurang disarankan untuk orang yang memiliki asam lambung yang tinggi, sebab tanin dari teh hijau bisa meningkatkan asam lambung secara signifikan.


Menyehatkan rambut

Ternyata teh hijau bisa di gunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menghaluskan rambut secara alami. Kandungan polifenol, vitamin C dan vitamin E pada teh hijau dapat membuat rambut berkilau secara alami. Cara menggunakannya sangat mudah, seduh 3 – 4 kantong teh hijau dengan ½ liter air hangat. Lalu gunakan air tersebut untuk membilas rambut setelah menggunakan shampoo.

Mengobati Alergi

Kandungan histamine dan immunoglobulin dalam teh hijau dapat menghentikan reaksi beberapa jenis alergi. Konsumsi teh hijau secara rutin merupakan cara terbaik untuk menghentikan reaksi alergi secara permanen.


manfaat teh hijau untuk kesehatan
Ternyata banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh hijau kan? Kaprikornus jangan ragu lagi mengkonsumsi teh hijau setiap hari untuk menerima hasil terbaik. Lebih disarankan untuk pribadi menyeduh teh hijau kering dengan air panas, daripada dengan kantung teh untuk menerima rasa yang lebih tajam dan pelapasan anti-oksidan yang lebih maksimal. Jangan lupa bagikan tips ini, biar orang di sekitarmu tahu!

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan"

Back To Top