6 Cara Mencegah Kanker Rahim

Kanker rahim merupakan kanker yang terjadi di tempat rahim, yang terletak antara rahim dan organ intim kewanitaan. Kanker rahim disebabkan oleh Human Papilloma Virus yang menyerang leher rahim. Penyakit ini sangat berbahaya dan bisa disebut lumayan mematikan, tetapi bisa saja dicegah. Mencegah kanker rahim juga tidak perlu dengan hal-hal sulit. Rentang waktu dari bisul HPV hingga menjadi kanker rahim termasuk sangat lama, yaitu antara sepuluh hingga dua puluh tahun.
Berikut yaitu cara mencegah kanker rahim yang bisa kita lakukan :

Hindari Merokok

Merokok terbukti bisa meningkatkan kemungkinan tumbuhnya sel-sel tidak normal pada rahim. Sel-sel tidak normal inilah yang bisa menimbulkan kita terserang kanker rahim. Jadi, menghindari rokok sama dengan mencegah kanker rahim.

Jangan Bergonta-Ganti Pasangan

Berhubungan intim dengan pasangan yang sering gonta-ganti juga dapat meningkatkan kemungkinan anda terserang kanker rahim. Maka setialah dengan pasangan anda. Selain membuat anda lebih bahagia, setia dengan pasangan sekaligus dapat melindungi anda dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

Rajin Membersihkan Organ Intim

Cara ini bisa membuat organ intim lebih sehat, dan bila organ intim anda sehat maka dapat mencegah kanker rahim menghampiri. Caranya juga cukup mudah, anda haya perlu membersihkan dengan air bersih, lalu lap dengan handuk yang lembut sehingga tidak lembab.

Lakukan Vaksinasi

Bagi yang belum pernah melaksanakan kekerabatan intim, dianjurkan untuk melaksanakan vaksinasi HPV untuk membunuh Human Papilloma Virus. Sampai sekarang, ada dua vaksin yang telah disetujui oleh The Food and Drug Administration (FDA), yaitu vaksin Gardasil dan vaksin Cervarix.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Perbanyaklah konsumsi makanan sehat menyerupai buah dan sayur. Buah dan sayur memiliki berbagai nutrisi dan anti oksidan untuk memerangi sel kanker. Sehingga sangat besar kemungkinannya untuk mencegah kanker rahim.

Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan ini yaitu pemeriksaan leher rahim untuk memeriksa kanker rahim atau kanker serviks. Pemeriksaan pap smear dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut speculum, dan bisa dilakukan di dokter kandungan. Ada baiknya pemeriksaan pap smear dilakukan minimal setahun sekali. Pemeriksaan pap smear dianjurkan untuk wanita yang sudah pernah melaksanakan kekerabatan intim. Penyakit kanker rahim stadium awal biasanya tidak menawarkan gejala yang khusus, jadi pemeriksaan pap smear ini sangat dianjurkan biar bisa mengidentifikasi kanker rahim semenjak dini. Baru setelah pada stadium lanjut kanker rahim menunjukkan gejala menyerupai pendarahan, meskipun telah tanggapan menstruasi dan terjadi keputihan yang tidak normal.
Cara Mencegah Kanker Rahim
Itulah cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah kanker rahim. Menjaga badan biar selalu sehat dan bugar juga merupakan kunci untuk menjaga kesehatan, jadi jangan malas-malas untuk menjaga kebugaran badan anda. Semoga isu cara mencegah kanker rahim di atas bisa bermanfaat, dan menginspirasi kesehatan organ intim kewanitaan anda.

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "6 Cara Mencegah Kanker Rahim"

Back To Top