5 Jenis Permainan Bayi Usia 7 sampai 9 Bulan Yang Sangat Cocok



Seiring bertambahnya usia, maka kebutuhan gizi serta stimulasi pada bayi juga akan semakin meningkat. Kemampuan bayi untuk merangkak pada usia 7 sampai 9 bulan juga semakin bertambah. Bayi bahkan akan semakin aktif dan memerlukan ruang untuk dapat terus menjelajahi kemampuannya.
Hal penting yang perlu diamati ketika bayi berusia 7 sampai 9 bulan diantaranya yaitu anak telah mempunyai beragam kemampuan sebagai berikut :

·      Telah bisa mengontrol kepala yang tegak dan dapat duduk tanpa menggunakan bantuan.
·      Bayi sudah bisa merangkak serta mengambil benda di sekitarnya, bahkan bisa menyangga episode berat badannnya.
·      Bayi mempunyai kemampuan untuk memegang dua benda yang berbeda pada waktu yang bersamaan. Bahkan sudah bisa menjatuhkan mainannya berulang – ulang.
·      Benda dapat mengambil benda dengan cara meraup.
·      Beberapa bayi telah cerdik bersuara termasuk mengucapkan beberapa kata.
·      Sudah bisa makan biskuit dengan tangan sendiri.
·      Bayi bisa bertepuk tangan dan cilukba dengan sendirinya.
·      Bahkan pada rentan usia 7 sampai 9 bulan, bayi telah mengerti dan memahami orang di sekitarnya.
·      Bayi seringkali mengalami perasaan cemas ketika berpisah dengan orang tuanya.

Anda sebaiknya menunjukkan stimulasi yang sempurna dan sesuai dengan usianya. Stimulasi yang dapat Anda berikan bisa berupa mainan yang beraneka macam. Berikut ini merupakan 5 jenis permainan bayi usia 7 sampai 9 bulan yang bisa mendukung dan sangat sesuai :

1.    Mengenal Nama
Permainan yang cukup sederhana, namun memerlukan cara yang tabah ketika menunjukkan pelajaran pada anak. Anak diajarkan untuk mengenali namanya menggunakan cara yang mudah yakni dengan memanggilnya berkali – kali. Bahkan Anda dapat melakukannya sembari bermain permainan kecil menyerupai cilukba.
2.    Bermain salaman dan tepuk tangan
Anak memang akan sangat senang jikalau diajak bermain, salah satunya yaitu permainan yang melibatkan anggota tubuhnya. Anda bisa mengajarkannya untuk bersalaman dan bertepuk tangan sehingga bisa melatih kekuatan tangannya. Hal ini menjadi salah satu cara untuk merangsang kemampuan motorik halusnya.
3.    Bermain Menjadi Pohon Tumbuh
Sesekali Anda dapat menceritakan dogeng kepada anak. Kemudian di dalam dogeng tersebut terdapat kisah ihwal pohon yang tumbuh. Saat bercerita ihwal pohon yang tumbuh, Anda dapat mengajaknya untuk bangkit dengan memeganginya menggunakan tangan. Hal ini bisa merangsang kemampuan bangkit pada anak. Bahkan anak dapat berguru untuk bangkit dengan berpengangan.
4.    Membaca Dogeng
Saat anak telah memasuki usia 7 bulan, keingintahuannya ihwal warna memang akan sangat membuatnya menjadi penasaran. Anak bahkan lebih tertarik dengan warna dan bentuk yang baru. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya apabila Anda memperkenalkan anak pada buku bacaan menyerupai dogeng yang memuat beragam bentuk dan warna.
5.    Mengenal Warna dan Bentuk
Anda bisa membeli mainan yang memiliki bentuk dan warna yang beragam. Pilihlah bentuk serta warna yang bisa membuat bayi menjadi tertarik. Mengenalkan warna bisa dilakukan melalui crayon. Meski hanya menggambar corat – coret, namun kemampuan untuk menggenggam benda telah dimiliki oleh anak. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memilihkan bentuk yang beragam pula.


Dengan tips tersebut dan jenis permainan bayi usia 7 sampai sembilan bulan, maka bayi akan merasa nyaman dan dapat tumbuh serta berkembang sesuai dengan cita-cita kita.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "5 Jenis Permainan Bayi Usia 7 sampai 9 Bulan Yang Sangat Cocok"

Back To Top