Cara Mengobati Demam pada Anak

Cara Mengobati Demam pada Anak – Demam merupakan salah satu gejala penyakit yang seringkali muncul pada anak anak. Demam mampu terjadi alasannya yaitu adanya perubahan suhu atau kondisi lingkungan atau alasannya yaitu seorang anak mendapati penyakit yang menjadikan penurunan imunitas dan daya tahan badan sehingga terjadi perubahan kondisi tubuh. Dan perubahan kondisi badan ini akan menjadikan adanya perubahan suhu tubuh, yakni peningkatan suhu badan yang dinamakan dengan demam.

Untuk mengobati demam, pada awalnya kita memang harus menghitung berapa suhu tubuhnya menggunakan thermometer. Tujuannya yaitu mengetahui secara terang berapa suhu badan anak sehingga mampu termasuk dalam kategori demam atau tidak. Suhu badan untuk dikatakan demam yaitu saat anak tersebut suhu tubuhnya di atas 38 derajat Celcius. Kaprikornus saat masih di bawah angka 38, maka belum dikatakan demam.

Cara Mengobati Demam Anak yang Benar



Setelah dilakukan diagnosa atau identifikasi berapa suhu badan pada anak, dan pada waktu pengecekan didapati bahwa suhu badan telah lebih dari 38, maka tentunya harus diberikan obat untuk penurun panas, atau dalam bahasa medis dikenal dengan istilah Antipiretik (obat penurun panas). Di bawah ini yaitu beberapa nama obat yang mampu digunakan untuk menurunkan demam pada anak :

  • Paracetamol
  • Ibuprofen
  • Asam mefenamat


Ketiga jenis obat di atas merupakan obat  yang biasa digunakan sebagai obat untuk penurun panas. Namun dari ketiga obat tersebut, jenis obat yang paling poten sebagai antipiretik atau penurun panas yaitu Parasetamol. Parasetamol sendiri terdiri dari beberapa bentuk obat, ada dalam bentuktablet maupun dalam bentuk sediaan cair. Apabila digunakan untuk anak, tentu saja saya sarankan untuk menggunakan parasetamol dalam bentuk cair, alasannya yaitu biasanya sudah disertai dengan perasa yang enak dan disukai oleh anak anak.


(baca juga: Manfaat Buah Naga untuk kesehatan)


Setelah memilih jenis obat yang digunakan, satu hal yang lebih penting yaitu penentuan dosis untuk penggunaan obat tersebut. Penggunaan obat tentunya harus dalam pengawasan orang yang tepat, dan keterangan yang terang juga. Upayakan obat yang anda beli yaitu obat dari apotek, supaya anda mampu dijelaskan tata cara penggunaan obat yang benar dan juga anda mampu berkonsultasi dengan apoteker di apotek untuk menerima informasi yang benar dari penggunaan obat tersebut.


Demikian tips yang mampu saya berikan untuk anda mengenai Cara Mengobati Demam Anak yang Benar dan Aman. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber http://www.blogfakta.com
Tag : kesehatan
0 Komentar untuk "Cara Mengobati Demam pada Anak"

Back To Top