12 Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak



Usia dibawah 5 tahun menjadi waktu dimana anak – anak mengalami perkembangan pada periode emasnya. Golden age period merupakan proses anak dimana perkembangan otak sampai 80% dan hanya terjadi satu kali selama seumur hidup. Pembinaan yang sempurna menjadi hal yang sangat disarankan untuk dapat memperoleh perkembangan baik secara mental, emosional, intelektual, sosial, dan juga moral. Dengan demikian, anak akan mempunyai sikap serta contoh perilaku seseorang di kemudian hari.

Media atau cara yang bisa digunakan untuk merangsang perkembangan anak yakni dengan mengajaknya bermain. Bermain memang bukan lah hal yang gres bagi bayi. Bermain yakni naluri yang telah melekat pada diri anak semenjak bayi. Saat itu bayi telah dapat memainkan tangan dan jemari kaki, banyak sekali benda di sekitarnya, tertarik dengan gerakan mainan yang digantung di atas atau menampilkan cahaya, memasukan benda ke dalam mulutnya, dan juga menirukan suara.

Mendidik Anak Dengan Mainan
Mainan yang diberikan kepada anak ialah hiburan yang menyenangkan dan disukai oleh anak. Namun, orang bau tanah tetap berperan untuk mengarahkan sehingga permainan bisa dilakukan dengan lebih optimal. Permainan dapat menjadi penghilang rasa bosan dan lelah bagi anak. Mainan yang menarik bagi anak dapat dilihat dari warna serta dapat mengeluarkan bunyi yang membuat ia semakin tertarik. Orang bau tanah nantinya akan berperan dalam memilih mainan untuk perkembangan anak. Mainan tidak hanya digunakan untuk hiburan saja, namun mempunyai fungsi edukasi sehingga dapat memperlihatkan dalam mendidik anak biar perkembangannya dapat menjadi optimal.

Mainan Edukatif
Untuk mendukung stimulasi, maka Anda dapat mengenalkan anak dengan banyak sekali mainan edukatif. Mainan edukatif bisa merangsang daya pikir serta kemampuan anak. Sehingga anak dapat mempunyai kemampuan dalam memecahkan dilema serta lebih kosentrasi. Mainan yang bersifat edukatif bisa membuat pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal. Terlebih lagi pada usia balita yang memerlukan rangsangan motorik dalam perkembangannya. Mainan edukatif memiliki ragam dan variasi dengan bentuk serta warna yang dapat dipilih sesuai dengan kesukaan anak Anda.

Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak
Berikut ini merupakan manfaat dari permainan anak – anak untuk perekembangan dan pertumbuhan anak-anak  :

1.        Pada aspek tubuh, anak mempunyai fisik yang terlatih alasannya yakni gerakan badan yang sehat dan otot yang menjadi kuat.
2.        Pada aspek motorik halus dan kasar, anak akan menciptakan gerakan serta kordinasi antara mata, tangan, dan kaki yang baik.
3.        Permainan dapat menjadi salah satu cara untuk melepas ketegangan bagi anak dan membuat perasaannya menjadi lebih tenang.
4.        Anak dapat memahami diri sendiri dengan menentukan pilihan yang sedang dimainkan. Anak juga dapat mencar ilmu untuk memilih di mana dan dengan siapa ia bermain.
5.        Anak dapat membuatkan rasa kepercayaan dirinya dengan membuatkan fisik, sosial, keterampilan, serta dan intelektual.
6.        Membantu dalam perkembangan mental anak.
7.        Anak dapat berimajinasi dan mengeluarkan inspirasi yang tersimpan di dalam diri anak.
8.        Dapat meningkatkan daya kreativitas serta membebaskan anak dari stres.
9.        Anak dapat membuatkan rasa sosialisasi.
10.    Anak bisa menganalisa permasalahan di lingkungan sekitar.
11.    Permainan menjadi standar moral.
12.    Mampu membuatkan otak kanan anak.


Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Semoga dapat memperlihatkan informasi yang bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita khususnya bagi anda para orang bau tanah dalam membimbing dan mengawasi tumbuh kembang buah hati kita.

Sumber http://www.blogfakta.com
0 Komentar untuk "12 Manfaat Permainan Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak"

Back To Top